Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ratusan Peserta Jamsostek Terlantar di RS Budi Kemuliaan
Oleh : Hendra Zaimi
Senin | 01-04-2013 | 14:00 WIB

BATAM, batamtoday - Ratusan peserta Jamsostek terlantar di RS Budi Kemuliaan akibat tak bisa mendapatkan pelayanan kesehatan, Senin (1/4/2013) pagi, dikarenakan pemutusan hubungan kerjasama sepihak yang dilakukan PT Jamsostek Batam.

Pantauan batamtoday, para peserta Jamsostek ini tampak terkejut dan kecewa, sebab mendadak mereka tak bisa menggunakan fasilitas Jamsostek seperti yang biasa digunakan sebelumnya.

"Saya kaget dan kecewa karena mendadak hari ini kami tak bisa menggunakan fasilitas Jamsostek di rumah sakit ini," kata Nasril, salah seorang peserta Jamsostek kepada batamtoday di RS Budi Kemuliaan.

Menurutnya, pemutusan hubungan kerjasama secara sepihak ini sangat berimbas terhadap peserta, sebab tidak mendapatkan pemberitahuan sebelumnya dari Jamsostek dan RS Budi Kemuliaan.

"Saya ke sini untuk kontrol rutin paska operasi, namun tiba-tiba fasilitas Jamsostek saya tak bisa digunakan, terpaksa saya gunakan jalur umum agar bisa berobat," jelas karyawan PT Ninda Pratama ini.

Menurutnya peristiwa yang dialami ini sangat merugikan peserta Jamsostek, dikarenakan karyawan sudah dipotong biaya Jamsostek secara rutin dari penerimaan gaji setiap bulannya.

Hal yang dialami oleh Nasril merupakan salah satu contoh dari hal yang dialami peserta Jamsostek yang hendak mendapatkan fasilitas berobat di RS Budi Kemuliaan.

Di RS Budi Kemuliaan hanya ada pemberitahuan yang bertuliskan:

Berdasarkan Informasi telepon dari  Kepala Cabang I Jamsostek Batam Pertanggal 1 April 2013 sekitar pukul 9.20 WIB

RS Budi Kemuliaan tidak diperkenankan untuk melayani peserta Jamsostek sampai dengan pemberitahuan lebih lanjut

Semua peserta Jamsostek dialihkan ke RS BP Kawasan, RS Harapan Bunda dan RS Mutiara Aini

Demikian untuk dimaklumi


Sementara itu, petugas Jamsostek yang bertugas di RS Budi Kemuliaan tak dapat memberikan keterangan terkait pemutusan hubungan kerjasama secara sepihak ini.

"Silakan ke kantor saja mas, saya tak bisa berikan komentar takut ada yang salah nanti," kata salah seorang petugas Jamsostek yang enggan namanya disebutkan.

Informasi terakhir yang dihimpun batamtoday, PT Jamsostek Batam akan segera menggelar konferensi pers terkait hal tersebut.

Editor: Dodo