Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Penambangan Jalan Terus, Truk Pengangkut Pasir Dirazia
Oleh : Ali
Sabtu | 30-03-2013 | 14:46 WIB
razia-truk-pasir.jpg Honda-Batam
(Foto: Ali/batamtoday)

BATAM, batamtoday - Tim terpadu Pemko Batam kembali melakukan razia penambangan pasir darat. Namun razia kali ini, yang digelar oleh Bapedal, Disperindag dan Satuan Pamong Praja Kota Batam, hanya menyasar truk-truk pengangkut pasir yang melintas di jalan raya.


Diantaranya razia digelar di depan SMA Negeri 3, Simpang Bandara dan Simpang Taman Raya, Batam Center.

"Razia langsung ke lokasi penambangan yang digelar beberapa waktu lalu sepertinya tidak efektif, karena sudah bocor terlebih dahulu. Sehingga razia kali inii langsung kepada truk-truk yang pengangkut pasir," ujar Amiruddin, Kabid Energi Sumber Daya Mineral (ESDM)  Disperindag Kota Batam, Sabtu (30/3/2013).

Dalam razia yang digelar, 7 truk terjaring karena tidak dapat menunjukkan surat jalan yang dikeluarkan oleh Disperindag. Sedangkan angkutan pasir yang memiliki izin adalah pasir yang ada di lapangan golf Palm Springs, Nongsa yang dikeluarkan per 1 Maret lalu.

"Sekitar 100 ribu kubik tertumpuk di Palm Springs yang telah kami keluarkan surat izin keluar pasir tersebut atas izin yang diminta karena merupakan pasir sisa pembangunan lapangan golf," ujarnya.

Truk-truk yang tidak mengantongi izin, digiring oleh satu orang petugas ke Mako Satpol PP Kota Batam, samping Mymart, Batam Center.

"Nantinya di sana ada tim lainnya yang terdiri dari TNI, Polri, Satpol PP dan Disperindag serta penyidik PNS Bapedal berjumlah 11 orang akan memprosesnya," kata Amiruddin.

Dari 7 kendaraan yang terjaring razia, 3 diantaranya berhasil dipantau batamtoday masing-masing truk warna kuning dengan nopol BP 9783 ZH, truk putih BP 9483 ZN serta truk kuning lainnya BP 9483 ZN.

Salah satu pengemudi yang menagku bernama Sayuti mengatakan, pasir kuning yang diangkutnya merupakan hasil pasir galian dari parit bukan pasir galian darat seperti yang sudah tersebar di Kecamatan Nongsaa.

Meski demikian, petugas di lapangan tetap menggiring truk tersebut untuk diidentifikasi oleh PPNS Bapedalda Kota Batam.

"Kita ke kantor aja, entar di sana baru dilepaskan," ujar anggota Satpol PP yang menggiring pengemudi truk tersebut.

Editor: Dodo