Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Rekaman Asli Debut Elvis Presley Laku Rp 817 Juta
Oleh : Dodo
Jum'at | 29-03-2013 | 12:35 WIB
elvis_presley.jpg Honda-Batam
Elvis Presley.

DUBLIN, batamtoday - Rekaman asli lagu hit Elvis Presley yang melambungkan namanya dikabarkan telah terjual seharga 65.000 Euro (sekitar Rp 817,1 juta) dalam sebuah lelang di Dublin, Irlandia.

Seperti dilansir dalam Belfast Telegraph, beberapa museum rock n’ roll di seluruh dunia dikabarkan mengincar rekaman “That's All Right (Mama)” langka tersebut, termasuk salah satu museum di Graceland, tempat Presley tinggal. Namun, akhirnya rekaman tersebut jatuh ke tangan seorang penawar tertinggi di internet.

Ian Whyte selaku penyelenggara lelang berkata, “Saya senang penjualan ini berjalan dengan sangat lancar. Banyak penawaran menarik. Ini adalah penjualan pop dan rock pertama di Irlandia. Saya harap ini bukan yang terakhir.”

Memorabilia tersebut direkam pada 5 Juli 1954 saat Presley muda dan belum terkenal berada di kantor Sun Records dan Memphis Recording Service di Memphis, Tennessee, AS, milik Sam Phillips. Mendiang Presley menyanyikan “That's All Right (Mama)” karya Arthur Crudup dan direkam oleh Phillips yang kemudian memberikan rekaman itu kepada seorang DJ radio.

Menurut Whyte, setelah lagu tersebut diputar, stasiun radio tersebut dibanjiri telepon. Akhirnya lagu tersebut diputar 14 kali selama program tersebut mengudara.

Barang tersebut dipercaya merupakan satu-satunya peninggalan promosional Presley dalam sejarah rekaman komersialnya.

Sumber: RollingStone