Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Lebih Kapasitas, Dirjen Pemasyarakatan Pantau Pengamanan Rutan Baloi
Oleh : Hendra Zaimi
Kamis | 28-03-2013 | 15:52 WIB
dirje-lapas-kunjungi-rutan-baloi.jpg Honda-Batam
Dirjen Pemasyarakatan saat meninjau Rutan Baloi.

BATAM, batamtoday - Direktur Jenderal Pemasyarakatan (Dirjen PAS) Kemenkumham, Mohammad Sueb melakukan kunjungan dinas ke Rutan Baloi Klas II A Batam, Kamis (28/3/2013) siang, guna memantau pengamanan rutan dan lapas pascainsiden Lapas Cebongan, Sleman.

Dalam kunjungan ini, Sueb melihat langsung kondisi terakhir Rutan Batam yang lebih kapasitas, sebab dari kapasitas yang ada yang bisa menampung 250 orang, saat ini terpaksa harus menampung 409 warga binaan.

"Kunjungan saya ke sini untuk memantau pengamanan rutan dan lapas di Indonesia pascainsiden yang terjadi di Lapas Cebongan, Sleman beberapa waktu lalu," kata Sueb kepada batamtoday.

Selain memantau pengamanan, kedatangan orang nomor satu di lembaga pemasyarakatan ini ingin melihat langsung kondisi terakhir warga binaan dan petugas rutan dan lapas.

"Walau tak mendekat dan melihat langsung mereka satu per satu, saya tahu rutan ini lebih kapasitas. Inilah kondisi selama ini, sebab sama di seluruh Indonesia," jelasnya.

Dia berharap doa dan dukungan dari seluruh masyarakat Batam dalam mempersiapkan rutan baru, yang rencanakan akan segera dibangun di belakang Lapas Barelang guna mengantisipasi kelebihan kapasitas tahanan tersebut.

"Semoga dengan pembangunan rutan baru nanti kita bisa mengantisipasi kelebihan kapasitas yang selama ini dialami," harapnya.

Editor: Dodo