Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Polsek Siantan Lakukan Pemeriksaan Senjata Api Anggotanya
Oleh : Emmi Wati
Kamis | 28-03-2013 | 08:14 WIB
senjata_api_polri.jpg Honda-Batam
Ilustrasi.

ANAMBAS, batamtoday - Mengantisipasi penyalahgunaan senjata api (senpi), seluruh anggota Mapolsek  Siantan yang dibekali senpi diperiksa. Dalam pemeriksaan tersebut, ditemukan sepucuk senpi yang dinilai kotor karena diduga kurang perawatan dari pemegangnya.


"Kita sengaja melakukan pemeriksaan senpi yang dipegang anggota Polsek Siantan. Dalam pemeriksaan ditemukan sepucuk senpi yang kotor dan pemegangnya sudah kita berikan sanksi tertulis," kata Kapolsek Siantan, AKP Dedy Suryawan, belum lama ini

Dedy juga menambahkan, senpi yang bekali pada anggota ada dua jenis yakni revolver dan laras panjang. Pemeriksaan kali ini, difokuskan pada jenis revolver baik dalam bentuk fisik maupun surat izin yang dipegang oleh anggota.

"Pemeriksaan kita fokuskan bagi surat izin dan fisiknya apakah masih dalam kondisi bagus atau tidak," katanya.

Pemeriksaan ini rutin lakukan 2 kali dalam 1 tahun. Hal ini dilakukan untuk mengecek kesiapan, kebersihan senjata, disiplin pemegang serta kelengkapan maupun fungsi senjata tersebut guna mendukung tugas-tugas anggota di lapangan.

"Kita periksa senpi anggota 2 kali dalam setahun. Sehingga anggota tetap memperhatikan kebersihan senpi yang dipegangnya," ujarnya.

Dari 23 anggota Polsek Siantan kata Kapolsek, hanya beberapa orang saja yang dibekali senpi jenis revolver ini sebab ada mekanismenya. "Saat ini, seluruh senpi masih diamankan. Dalam waktu dekat akan kita kembalikan lagi terutama saat anggota menjalankan tugas di lapangan dengan baik," kata Dedy.

Editor: Dodo