Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Musrenbang Diharap Jadi Wadah Penampung Aspirasi Pembangunan Tanjungpinang
Oleh : Charles Sitompul
Rabu | 27-03-2013 | 17:13 WIB

TANJUNGPINANG, batamtoday - Wali Kota Tanjungpinang Lis Darmanyah mengatakan, Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) yang dilaksanakan mulai dari tingkat desa, kecamatan dan kota dalam mengusulkan program pembangunan, hendaknya harus mampu menjadi wadah dalam menampung seluruh aspirasi masyarakat dalam pelaksanaan pembangunan di Kota Tanjungpinang.


Hal itu dikatakan Lis dalam amanahnya pada pembukaan Musrenbang Kota Tanjungpinang yang dilaksanakan di Ballroom Hotel BBR Pantai Impian Tanjungpinang, Rabu (27/3/2013).

"Dari pelaksanaan Musrenbang akan dapat tercipta penyatuan usulan, gagasan, pemikiran  dalam proses perencanaan pelaksaan pembangunan Kota Tanjungpinang di masa yang akan datang, baik usulan dari unsur masyarakat, DPRD serta pemerintah sesuai dengan program  kegiatan yang merupakan penjabaran dari visi dan misi kepala daerah," kata Lis.

Kondisi Tanjungpinang, yang merupakan Ibukota Provinsi Kepri, tambah Lis, akan menjadi tuntutan dalam pembenahaan dan peningkatan pembangunan tatanan sosial baik dalam ekonomi maupun pembangunan ke depan.

"Sesuai dengan kondisi saat ini, dan hasil dari pelaksanaan Musrenbang ini, akan menjadi titik fokus pelaksanaan pembangunan kota Tanjungpinang, yang akan dilakukan secara bertahap dalam lima tahun kedepan," ujarnya.

Sesuai dengan visi dan misinya yang akan dituangkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah dan Panjang, Lis juga mengatakan akan tetap menitikberatkan arah dan tujuaan elaksanaan pembangunan di sektor peningkatan SDM melalaui pendidikan, kesehatan, infrastruktur, serta peningkatan ekonomi masyarakat.

"Kami sangat berharap, tanpa dukungan aparatur pemerintah, instansi vertikal, pelaku usaha, serta segenap masyakat pelaksanaan pembangunan di Tanjungpinang tidak akan dapat kami laksanakan," kata dia.
 
Sementara itu,  Sekda Provinsi Kepri Suhajar Diantoro, dalam amanahnya juga mengatakan, Musrenbang merupakan kegiatan yang mempunyai manfaat yang besar dan pelaksanaan arah pembangunan di setiap daerah, khususnya dalam fungsi pelaksanaan pembangunan, untuk  melayani, melaksanakan pembangunan dan fungsi pemberdayaan dan bertanggungjawab untuk kemandirian masyarakat dengan konsep menuju masyarakat dalam pembangunan.

"Hendaknya melalui Musrenbang yang dilaksanakan Pemerintah Kota Tanjungpinang ini, tercipta satu program yang handal dalam pelaksanaan pembangunan di Tanjungpinang di masa yang akan datang," kata Suhajar.

Editor: Dodo