Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

IPO PLN Batam Diundur pada Semester II 2013
Oleh : Sherlyna
Jum'at | 22-03-2013 | 20:01 WIB

BATAM, batamtoday - Untuk kali kedua, rencana penawaran umum perdana (Initial Public Offering/IPO) PT Pelayanan Listrik Nasional Batam diundur. Anak perusahaan PLN Persero ini, awalnya akan melantai di bursa pada 2012, lalu mundur menjadi semester I 2013 dan kini ditunda lagi hingga semester II 2013.


Penundaan IPO hingga semester kedua 2013 ini, menurut Direktur Utama PLN Batam Dadan Kurniadipura, tinggal menunggu kinerja laporan keuangan yang baik.

"IPO semester kedua 2013, persiapan tinggal laporan keuangan," kata Dadan Kurniadipura di Batam, Jumat (22/3/2013).

Ditambahkan Dadan, sebelum ke lantai bursa, kinerja keuangan harus baik sehingga pihaknya terus memperbaiki arus keuangan. Arus keuangan yang baik dipercaya akan mendukung nilai saham PLN Batam jika sudah masuk lantai bursa. "Supaya harga saham bagus ketika IPO," kata dia.

Bukti keseriusan PLN Batam menjadi perusahaan terbuka adalah dengan penunjukan penjamin emisi, penunjang financial auditor, financial advisor, legal advisor dan berbagai kebutuhan lain dalam menghadapi IPO.

"Kami sudah tunjuk underwriter-nya, Bahana Securitas, BUMN juga," kata dia.

Sementara itu, untuk menggenjot keuntungan, PLN Batam menjual listrik ke Pulau Bintan yang harganya 16%  di atas Biaya Pokok Produksi.

Penjualan itu rencananya dimulai pada 2014, setelah PLN Persero membangun jaringan kabel bawah laut Pulau Batam-Bintan.

PLN Batam akan menjual listrik ke induk perusahaannya yang kemudian menyalurkan untuk memenuhi kebutuhan warga Kabupaten Bintan dan Kota Tanjungpinang.

Editor : Dodo