Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Cuaca Panas di Batam Masih Berlangsung Sepanjang Maret
Oleh : Ali
Rabu | 20-03-2013 | 17:11 WIB

BATAM, batamtoday - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Batam memprediksi cuaca panas masih akan berlangsung sepanjang Maret, 2013 ini.

"Sepanjang bulan Maret rata-rata diprediksi mencapai 32 derajat celcius, pernah terjadi mencapai 32,2 derajat celcius akhir-akhir ini. Dan paling tinggi diprediksi biasa mencapai 33 derajat celcius," kata Kepala BMKG Batam Phillip Mustamu melalui prakirawannya, Asri Pratiwi di kantor BMKG Batam di Bandara Hang Nadim Rabu (20/3/2013).

Panas yang terjadi dalam beberapa hari, tambahnya, dikarenakan kelembaban udara yang rendah pada lapisan atas hingga kecepat angin cukup kencang. Hal tersebut mengakibatkan potensi pertumbuhan awan menjadi kecil.

Menurutnya, di 2013 terjadi pergeseran siklus yang mana pada tahun lalu suhu udara yang tinggi itu terjadi pada bulan Februari namun pada tahun ini di bulan Maret.

Sementara, prakiraan cuaca BMKG Batam tanggal 21 Maret untuk kondisi udara atas yang labil dengan kelembapan udara yang cukup tinggi mendukung proses pertumbuhan cukup banyak awan di wilayah Kepulauan Riau.
 
Sehingga cuaca diprakirakan cerah berawan hingga berawan dan berpeluang hujan ringan yang bersifat lokal. Kondisi ini kondusif untuk aktivitas transportasi darat, laut dan udara.

Untuk di Batam kecepatan angin berkisar 3-35 km/jam, suhu udara 25-32 drajat calsius, kelembaban udara 60-88 persen, tinggi gelombang 0,4-1,2 meter, dan arus laut 5 cm/s.

Editor: Dodo