Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Bapedal Batam Tak Berdaya

Pendalaman Alur Pelabuhan Ferry Batam Center Tetap Jalan
Oleh : Gokli
Rabu | 20-03-2013 | 15:03 WIB
pendalaman-alur.jpg Honda-Batam
Aktivitas pendalaman alur Pelabuhan Ferry Internasional Batam Centre. (Foto: Gokli/batamtoday)

BATAM, batamtoday - Teguran dari Bapedal Batam terhadap PT Snepac untuk menghentikan pendalaman alur Pelabuhan Ferry Batam Center nampaknya tak mempan. Sebab, proyek pendalaman alur tersebut masih berjalan hingga sekarang, Rabu (20/3/2013) siang.


Kepala Bapedal Batam, Dendi N Purnomo, mengatakan, pendalaman alur yang dilakaukan oleh PT Snepac telah dihentikan untuk sementara karena menimbulkan pencemaran lingkungan.

Meski warga yang terkena dampak mendapat dana kompensasi sebesar Rp170 juta, tak serta merta dapat menutupi dampak pencemaran lingkungan yang sudah terjadi.

"Sudah kita tegur, juga berikan sanksi untuk menghentikan sementara pendalaman alur itu," kata dia, belum lama ini.

Pantauan batamtoday di lokasi, proses pendalaman alur pelabuhan itu tetap jalan. Bahkan, jarak antara pelabuhan dengan lokasi yang sudah dikeruk sudah mencapai tiga ratus meter lebih.

Selain itu, air laut di sekitar pelabuhan menjadi keruh. Hal ini juga salah satu bentuk pencemaran yang ditimbulkan pendalaman alur tersebut.

Informasi yang didapat dari beberapa warga di lokasi, proses pendalaman alur itu sempat berhenti sekitar tiga sampai empat hari saja.

"Pernah sih, cuma tiga atau empat hari saja. Selebihnya jalan terus. Padahal, air laut sekitar pelabuhan ini menjadi keruh. Tapi nampaknya, tak ada yang melarang," sebut Anto salah satu warga di Pelabuhan Batam Center, Rabu (20/3/2013) siang.

Editor: Dodo