Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

RS BP Batam akan Seminarkan Pemahaman Seks Sehat Bagi Kalangan Remaja
Oleh : Roni Ginting
Senin | 18-03-2013 | 10:27 WIB
sex_education.jpg Honda-Batam
Ilustrasi.

BATAM, batamtoday - Dengan pesatnya perkembangan teknologi, ikut berkembang pula perkembangan remaja di Indonesia. Ada yang menjurus ke hal positif dan juga kepada hal yang negatif. Salah satu dampak negatifnya adalah seks bebas.


Usia remaja merupakan saat yang paling rentan karena emosi yang tidak stabil itu menyebabkan mudah masuknya pengaruh dari luar. Perubahan ini ditunjukkan dari perkembangan organ seksual menuju kesempurnaan fungsi, serta tumbuhnya organ genetalia sekunder.

Hal ini menjadikan remaja sangat dekat dengan permasalahan seputar seksual. Namun, terbatasnya bekal yang dimiliki menjadikan remaja memang masih memerlukan perhatian dan pengarahan.

Berkaitan dengan hal tersebut, Rumah Sakit BP Batam (RS BP Batam), Badan Pengusahaan (BP) Batam bekerjasama dengan Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) Kepulauan Riau akan menyelenggarakan sebuah seminar remaja yang bisa diikuti oleh para remaja (pelajar dan mahasiswa), para orang tua, para guru/pendidik atau pembina masyarakat dan masyarakat umum.

"Seminar akan dilaksanakan pada Minggu, 7 April 2013 mendatang, mulai pukul 08:00 sampai pukul 15:00 di Hotel Harris, Batam Centre dengan mengusung tema “Remaja Masa Kini dan Permasalahannya”, kata dr Rudi Ruskawan, SpA, ketua pelaksana seminar tersebut, melalui siaran persnya.

Adapun tujuan dari seminar tersebut untuk menggali potensi positif remaja, mendidik anak supaya memiliki konsep positif dengan membangun potensi dan prestasi pada diri remaja tersebut. Meningkatkan peran orangtua dalam memfasilitasi anak mengikuti kegiatan- kegiatan positif yang dilakukan remaja, dan meningkatkan peran RSOB-BP Batam dalam pembinaan remaja dalam menyongsong kompetensi global.

"Biaya kepesertaan seminar, untuk para orangtua, para guru/pendidik atau pembina masyarakat dan masyarakat umum sebesar Rp50 ribu dan Rp30 ribu untuk pelajar dan mahasiswa," terangnya.

Para pembicara dan topik yang akan disampaikan, di antaranya dr. Rini Sekartini SpA (K), dengan topik Persiapan Mengoptimalkan Tumbuh Kembang di Usia Remaja. dr. I Putu G Kayika SpOK (K) dengan topik Kesehatan Reproduksi Remaja. dr. Ari Fahrial Syam SpPD KGEH dengan topik Gangguan Pencernaan Akibat Salah Makan. dr. Wita Jayanti SpM, dengan topik Mata Tetap Sehat di Era Gadget. dr. Titis B, SpKJ, dengan topik Hidup Bebas Tanpa Rokok dan Narkoba. dr. Tridia Sudirga SpKK, dengan tema Perawatan Kulit Pada Masa Remaja.

Pendaftaran dapat dilakukan di Bagian Humas RSOB BP Batam Gedung A lantai 1 Sekupang, Klinik Satelit RSOB BP Batam di Baloi, Klinik Bandara, dan Klinik Bifza di BP Batam, Batam Centre. Pendaftaran juga dapat dilakukan dengan cara mengirim SMS ke 08192641039 (Sudirman), format SMS: Nama (spasi) Umur (spasi) Pekerjaan/Profesi (spasi) No. HP.

Editor: Dodo