Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kapolri Lantik Budi Winarso Sebagai Kapolda Kepri
Oleh : Batamtoday
Jum'at | 08-10-2010 | 05:16 WIB

JAKARTA-Kapolri Jenderal Pol Bambang Hendarso Danuri (BHD) melantik Brigadir Jenderal (Brigjen) Budi Winarso sebagai Kapolda Kepulauan Riau (Kepri) menggantikan Brigjen Pol Pudji Hertanto Iskandar. Pelantikan dilakukan Kapolri di Ruang Rupatama Mabes Polri, Jumat (8/10).

Kapolri dalam amanatnya mengatakan, sertijab yang dilakukan merupakan bagian kebijakan regenerasi di tubuh Polri. "Saat ini dinamika bangsa cukup tinggi, berbagai masalah sosial akan berdampak pada aspek keamanan," kata Kapolri.

Selain melantik Kapolda Kepri, Kapolri juga melantik Kapolda baru Kalimantan Selatan (Kalsel) dan Maluku. Kapolda Kalsel yang sebelumnya dipegang oleh  Brigjen Pol Untung S Radjab kepada Brigjen Pol Syafrudin. Sementara itu , Kapolda Maluku Brigjen Pol Syarief Gunawan mengantikan Brigjen Pol Totoy Herawan.

Kapolri kepada Kapolda Maluku baru berpesan agar mampu mengatasi situasi wilayahnya. "Wilayah Maluku adalah spesifik karena berkaitan dengan kelompok sparatis RMS (Republik Maluku Selatan) yang masih ingin eksis," katanya.

Berbagai peristiwa yang terjadi di Maluku,  katanya, mampu ditanggani oleh Polda Maluku, sehingga tidak menjalar dan berkepanjangan seperti yang lalu. "Kepada Kapolda Kalsel dan Kapolda Kepri yang baru agar menindak `ilegal mining` dan illegal fishing, serta bekerjasama dengan instansi terkait," kata Kapolri. (btd/sur)