Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Sushi, Si Kecil yang Berkalori Tinggi
Oleh : Dodo
Kamis | 14-03-2013 | 18:34 WIB

TOKYO, batamtoday - Meski ukurannya kecil, nyatanya sushi mengandung kalori lebih banyak ketimbang sebuah Big Mac dan kentang goreng.

Makanan asal Jepang ini pun tidak direkomendasikan sebagai makanan diet.

Ahli Gizi Rachel Beller menjelaskan dalam bukunya bertajuk 'Eat to lose, eat to win," sushi dapat mengandung kalori dan karbohidrat berlebih. Seperti dikutip dari geniusbeauty.com.

Misalnya jenis sushi roll berisi 290-350 kalori ini mengandung kalori setara dengan 2,5-4 potong roti. Jadi California Roll adalah seperti dua sandwich dengan kepiting, sepotong alpukat dan beberapa sayuran.

Dia juga menjelaskan bahwa sushi hanya memiliki potongan ikan kecil seberat 5 gram. Sementara anjuran yang sehat untuk makan ikan adalah sebanyak 140 gram. Karenanya untuk mendapatkan kadar yang dianjurkan setidaknya harus makan sebanyak 28 sushi atau bahkan lebih.

Bahan utama dari sushi yaitu nasih putih yang lengket yaitu mengambil 75% dari satu sushi itu sendiri.

Beller mengungkapkan, proses penanakannya bisa sangat panjang sehingga kemungkinan kehilangan vitamin,mineral dan serat.

Selain itu dia menyebut nasi dimasak dengan gula. Sehingga katanya, sebuah makan siang sushi yang 'sehat' ternyata memiliki banyak karbohidrat dan gula.

Editor: Dodo