Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Bahaya Kafein Seperti Rokok dan Alkohol
Oleh : Dodo
Sabtu | 02-03-2013 | 16:18 WIB

BATAM, batamtoday - Apakah Anda berpikir bahwa merokok dan minum alkohol lebih berbahaya dari minum kopi? Pikirkan lagi. Dr Jack James menemukan bahwa kafein sangat berbahaya ketika dikonsumsi dalam jumlah yang banyak, dan seharusnya diatur sama seperti rokok dan alkohol.

Dr James bahkan mengklaim bahwa kafein bisa menyebabkan kematian mendadak dan sangat tak boleh diremehkan. Editor dari Journal of Caffeine Research ini menjelaskan bahwa kafein saat ini telah banyak digunakan pada hampir semua produk mulai dari minuman energi, alkohol, hingga obat-obatan.

Hal ini sangat memprihatinkan karena kebanyakan orang akan mengonsumsi kafein tanpa menyadarinya. Dr James menyarankan agar produk yang mengandung kafein diberikan aturan penjualan seperti halnya alkohol dan rokok. Hal ini juga berlaku pada minuman ringan, minuman energi, kue, kopi, dan semua produk yang mengandung kafein. Bahkan produk-produk tersebut juga harus dijauhkan dari anak-anak.

Dr James juga menyarankan agar setiap produk yang menggunakan kafein mencantumkan jumlah kafein yang mereka gunakan serta memberikan batasan pada anak-anak untuk bisa mengonsumsinya.

Seperti dilansir oleh Daily Mail, Dr James juga khawatir pada kebiasaan anak muda dan remaja yang mengonsumsi minuman berenergi penuh kafein yang bisa membahayakan jantung mereka. Meski saat ini kafein masih terlihat tak berbahaya, namun sebaiknya masyarakat mulai waspada terhadap penggunaannya.

Penelitian yang dilakukan oleh departemen kesehatan Kanada menunjukkan bahwa seseorang bisa mengonsumsi 400 miligram kafein tanpa pengaruh buruk. Namun jika dikonsumsi lebih dari itu, kafein bisa mempercepat detak jantung. Hasilnya, seseorang bisa mengalami sakit di bagian dada, pusing, atau bahkan susah bernapas.

Sumber: merdeka.com