Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Album Adele Terlaris di Dunia
Oleh : Dodo
Kamis | 28-02-2013 | 10:30 WIB
adele-1.jpg Honda-Batam
Adele. (Foto: BBC)

LONDON, batamtoday - Album kedua Adele '21' menduduki posisi teratas diberbagai negara di tahun kedua setelah dirilis, dan menjadi album terlaris didunia.

Penyanyi Inggris ini meluncurkan album pada Januari 2011 lalu, dan terjual 8,3 juta kopi pada tahun lalu, seperti disampaikan oleh Federasi Internasional Industri rekaman IFPI.

Posisi kedua album terlaris yaitu 'Red' miliki penyanyi Taylor Swift , yang terjual sebanyak 3 juta kopi.

Mantan kontentas X Factor, One Direction yang melundurkan dua rekaman, Up All Night dan Take Me Home menduduki posisi ketiga dan urutan keempat album terlaris di seluruh dunia, dengan pendapatan 4,5 juta kopi.

Sementara single terlaris pada 2012 milik Carly Rae Jepsen melalui 'Call Me Maybe', terjual 12,5 juta keping secara global.

Posisi kedua single terlaris yaitu Somebody That I Used To Know milik Gotye, yang terjual sebanyak 11,8 juta keping.

Sementara Psy asal Korea Selatan, berhasil menjual single YouTube smash Gangnam Style sebanyak 9,7juta kopi, menyusul single Fun, We Are Young terjual 9,6 juta kopi.

IFPI juga mencatat secara keseluruhan pendapatan dari industri musik pada tahun lalu meningkat sebesar 0,3 % menjadi US$ 16,5 milliar atau sekitar Rp. 160 trilliun. Kenaikan ini merupakan yang pertama kali sejak 1999 lalu.

Paul Williams, kepala analis bisnis Music Week, mengatakan kenaikan tersebut "sangat berarti".

"Setelah beberapa tahun penurunan (industri) rekaman akhirnya kembali naik," kata dia.

Laporan rutin IFPI juga menunjukan pendapatan digital meningkat sampai 9% dari tahun lalu dan menjadi 34% dari keseluruhan pendapatan.

IFPI juga menyebutkan adanya penurunan penjualan sekitar 70% dari seluruh pendapatan musik digital.

Secara keseluruhan, IFPI menyebutkan industri musik menunjukan pemulihan setelah bertahun-tahun melemah. Meski demikian, masalah pembajakan yang masih marak disejumlah negara juga menjadi sorotan dalam laporan IFPI.

Sumber: BBC