Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Peneliti Kembangkan Terapi Baru untuk Penderita Gagal Jantung
Oleh : Dodo
Sabtu | 23-02-2013 | 11:46 WIB

FLORIDA, batamtoday - Para spesialis penyakit jantung di Florida saat ini tengah mengembangkan sebuah terapi yang ditengarai mampu meregenerasi jaringan pada jantung. Nantinya jaringan yang baru tumbuh akan difokuskan pada sel batang pada bagian jantung yang rusak.

Hingga saat ini tim dari Florida Hospital Pepin Heart Institute dan Dr Kiran C Patel Research Institute telah mengumumkan adanya satu pasien yang tengah menjalani terapi baru tersebut setelah mengalami serangan jantung.

"Sel batang memiliki kemampuan unik untuk berkembang menjadi berbagai macam sel lain, dan dalam banyak jaringan bisa digunakan dalam sistem perbaikan tubuh secara internal. Terapi ini tergolong unik karena menjalankan proses untuk meregenerasi sel dan tidak secara langsung menggantikan sel batang pada jantung," ungkap Dr Charles Lambert, seperti dilansir oleh Third Age.

Dr Leslie Miller, investigator untuk percobaan ini menjelaskan bahwa penelitian ini merupakan pembuka era baru untuk terapi penyakit jantung. Gen target dan terapi sel yang dikirim langsung ke jantung memberikan harapan untuk meregenerasi jaringan, mengurangi kerusakan, dan nantinya bisa mengembalikan fungsi jantung.

Sumber: merdeka.com