Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Seribu Lampion Semarakkan Imlek 2564 di Tanjunguban
Oleh : arj/dd
Rabu | 06-02-2013 | 14:29 WIB
Semarak-Imlek-dengan-lampion-di-Tanjunguban.jpg Honda-Batam
Sejumlah warga Tionghoa dibantu warga setempat sedang memasang lampion di sepanjang jalan utama di Bintan Utara.

TANJUNGUBAN, batamtoday - Menjelang perayaan Imlek 2564, yang jatuh pada 10 Februari 2013 mendatang, wilayah Tanjunguban kini sudah tampak lebih semarak dengan banyaknya lampion.


Ribuan bola lampu kertas dengan warna merah menyala itu menghiasi jalanan mulai dari Jalan Permaisuri, Jalan Yos Sudarso, Jalan RE Martadinata, Jalan Merdeka, Jalan Sudirman hingga Jalan Hang Tuah.

Ketua Paguyupan Sosial Marga Tionghoa (PSMTI) Bintan Utara, Sarino, kepada batamtoday, Rabu (6/2/2013), mengatakan, pemasangan lampion di seluruh jalan utama Tanjunguban, selain untuk menghias jalan juga merupakan tradisi warga Tionghoa dalam menyambut peryaan Imlek.

"Pemasangan dilakukan  pada malam hari. Menunggu lalulintas agak sepi, selain kalau siang semua sibuk dengan kegiatan masing-masing," katanya.

Selain tradisi, kata Sarino, pemasangan lampion ini sendiri merupakan bentuk kebersamaan, baik sesama warga Tionghoa dan juga masyarakat umumnya yang ada di Bintan Utara. "Mulai dari persiapan Lampion hingga pemasangan, baik warga Tionghoa dan masyarakat setempat saling bahu membahu," ujarnya.

Sekretaris PSMTI Bintan Utara, Andreas, juga mengatakan, lampion yang didominasi warna merah tersebut sudah menjadi tradisi tahunan dan menjadi turun termurun.

"Terlaksananya pemasangan ribuan lampion ini, tidak terlepas dukungan dari pemerintah, aparat keamanan, PLN serta masyarakat setempat," ujarnya. 

Tradisi ini, lanjut Andreas, sangat diharapkan nantinya bisa diteruskan oleh apra generasi muda, sehingga dalam seluruh kegiatan PSMTI selalu melibatkan para kaum muda. "Kita berharap nantinya generasi muda yang akan meneruskan tradisi ini, sehingga tidak hilang termakan jaman," harapnya.

Selain pemasangan ribuan lampion dalam menyambut perayaan Imlek 2564, PSMTI Bintan Utara juga sudha melaksanakan kegian sosial lainnya, diantarnaya memberikan santunan kepada puluhan warga yang kurang mampu yang ada di Bintan Utara.

Sebelumnya kita juga sudah melaksanakan kegian sosial lainnya, seperti memberikan santunan kepada puluhan warga yang kurang mampu di Bintan Utara," ungkap Isman Bendahara PSMTI Bintan Utara.