Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Limbah Tembakau Rokok Dibuang Sembarangan
Oleh : bert/dd
Selasa | 05-02-2013 | 15:17 WIB

BATAM, batamtoday - Ratusan kantong plastik yang berisikan limbah berupa sisa-sisa tembakau rokok, dibuang sembarangan di kawasan Tanjungpiayu Laut.

Pantauan di lokasi pembuangan limbah tersebut, Selasa (5/2/2013), tumpukan limbah itu ada yang sudah bercampur dengan tanah dan ada juga yang masih tersusun rapi di sebuah pondok terbuka.

Ketika batamtoday memeriksa bungkusan limbah tembakau rokok tersebut, terlihat ber-merk Johan. Rokok yang belum tenar ini diduga diproduksi di Batam, seperti yang disampaikan beberapa pekerja di lokasi tersebut.

"Rokok ini produksi lokal, tepatnya di kawasan Tunas Batam Center Lot 12 c," ujar mereka.

Saat didatangi ke kantor perusahaan rokok tersebut, seorang perempuan yang tak mau disebutkan namanya mengatakan limbah rokok tersebut memang berasal dari perusahaannya.

"Itu memang limbah dari perusahaan ini, dan kita sudah punya izin untuk itu (membuang di lokasi tersebut). Kita membuangnya di sana untuk pemusnahan," kata dia.

Saat ditanya bentuk pemusnahan yang dilakukan, perempuan itu terdiam dan tak bisa menjelaskan secara rinci. "Kita sudah koordinasi dengan pihak Bea dan Cukai," ujarnya.

Sementara itu, Badan Pengendalian Dampak Lingkungan (Bapedalda) Kota Batam belum dapat dikonfirmasi. Kepala Bapedalda Dendi Purnomo saat dihubungi, ponselnya tak aktif.