Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kiat Masak Enak Tapi Rendah Lemak
Oleh : dd
Selasa | 05-02-2013 | 13:07 WIB
masak_sayur.jpg Honda-Batam
Ilustrasi.

BATAM, batamtoday - Anda sedang berdiet tapi sering seling kali terjebak dengan makanan tinggi kalori, seperti sayuran dengan banyak minyak? Yuk coba kiat-kiat sederhana yang dibagi e-cookbooks.net

1. Biasakan untuk mengukur minyak ketika anda memasak alih-alih menuang langsung dari botol. Cara ini mempermudah anda memastikan berapa minyak yang anda gunakan

2. Gunakan peralatan masak antilengket sehingga anda tidak harus menggunakan banyak lemak. Ketika menumis, gunakan sedikit kaldu ayam alih-alih mentega atau minyak.

3. Untuk menghasilkan kaldu bebas lemak, dinginkan dahulu kaldu ayam atau daging. Lemak-lemak akan naik ke atas dan anda bisa menyingkirkan dahulu sebelum menggunakannya.

4. Banyak sayuran dan buah, termasuk kentang dan apel menyimpan nutrisi mereka dalam kulit. Jadi sebisa mungkin jangan kupas dan masaklah bersama dengan kulitnya.

5. Daun selada penuh tumpukan vitamin yang layak dibandingkan dengan gunung es. Mereka memiliki tiga kali Vitamin C dan enam kali Vitamin A dibanding makanan biasa.

6. Vitamin C rusak dengan cepat dalam proses memasak, jadi masak sayuran yang mengandung Vitamin C dengan sedikit air tanpa terlalu lama.

7. Simpan stok bumbu. Salah satu kunci masakan rendah lemak yang tidak membosankan adalah bumbu dan rasa pedas. Ketika anda selesai memasak, selalu cicipi dan tambah bumbu sesuai dengan selera.

8. Ketika memasak santapan yang terdiri dari sayuran dan daging, baik tumis ataupun semur, kurangi jumlah daging 1/3 dari resep dan tambah jumlah sayuran hingga 1/3 dari resep. Tenang saja, ketika sudah matang anda akan sulit mengenalinya kok.

Siap mempraktikkan?

Sumber : Republika Online.