Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Try Out UN di Tanjungpinang Tanpa Beban Target
Oleh : chr/dd
Senin | 04-02-2013 | 12:23 WIB
syahrul-buka-sampul.jpg Honda-Batam
Wakil Wali Kota Tanjungpinang, Syahrul saat membuka sampul soal try out UN.

TANJUNGPINANG, batamtoday - Ketua Panitia Pelaksanaan Try Out Dinas Pendidikan Kota Tanjungpinang Sumantri mengatakan, pelaksanaan try out atau uji coba Ujian Nasional (UN) seluruh siswa SD, SMP dan SMA sederajat di kota tersebut tidak memiliki target persentase perolehan nilai 5,5 dari seluruh siswa yang mengikuti, sebagai tolak ukur dalam menghadapi UN dimasa yang akan datang.

"Kita tidak memiliki target dalam pelaksanaan try out UN SD, SMP dan SMA sederajat ini, tetapi yang kita harapkan, hanya untuk membiasakan anak dalam menghadapi UN di masa yang akan datang," ujarnya pada batamtoday saat dikonfirmasi, Senin (4/2/2013).

Ditanya berapa jumlah siswa dan dana yang digunakan untuk pelaksanaan Try Out-UN pertama ini sendiri, Sumantri selaku Ketua Pelaksana juga mengaku lupa dan tidak tahu.

Namun demikian, pelaksanaan try out bagi seluruh siswa saat ini mulai dilaksanakan dan akan berlangsung selama tiga hari, dengan bahan uji, 3 mata pelajaran yang diujikan secara nasional.

"Selain pelaksanaan try out, yang pertama ini dan kita lakukan evaluasi. Pada Maret 2013 mendatang, akan kembali kita laksanakan try out ke dua dengan bahan uji bidang studi yang di-UN-kan," tambah Sumantri.

Sebagaimana diketahui, hari ini, Senin,(4/2/2013), seluruh siswa SD,SMP dan SMA sederajat, secara serentak saat ini melaksanakan Ujian Uji Coba Try Out, persiapan menghadapai Ujian Nasional tahun ajaran 2012/2013, yang secara resmi dibuka oleh Wakil Wali Kota Tanjungpinang Syahrul di SMPN 06 Sei Jang Tanjungpinang.

Dalam amanahnya, Syahrul meminta agar siswa yang mengikuti try out UN dapat berkonsentrasi dan mengerjakan soal dengan tenang.

“Tenangkan pikiran sebelum mengerjakan soal, agar bisa berpikir jernih, jadi bisa menjawab soal dengan mudah,” kata Syahrul.

Usai membagikan soal dan lembar jawaban, Syahrul menyempatkan diri menyalami para peserta ujian sembari memberi semangat. Tak lupa pula Syahrul berkeliling dan mengecek satu persatu setiap ruang ujian.

Pada saat yang bersamaan, Wali Kota Tanjungpinang Lis Darmansyah juga membuka sampul try out di SMAN 1, sedangkan Plt Sekda Kota Syafrial Evi membuka sampul ujian di SDN 014 Sei Jang.