Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pemprov Kepri akan Lanjutkan Pembangunan Jembatan I Dompak
Oleh : chr/dd
Jum'at | 01-02-2013 | 15:42 WIB
jembatan dompak.jpg Honda-Batam
Prototipe Jembatan Dompak.

TANJUNGPINANG, batamtoday - Pemerintah Provinsi Kepri, Menyatakan akan tetap melanjutkan pelaksanaan pembangunan Jembatan I Dompak, yang menghubungkan Kota Tanjungpinang, dari simpang Jalan Wiratno menuju Pulau Dompak.

"Pelaksanaan pembangunan Jembatan I Dompak, akan tetap kita lanjutkan, dan saat ini kita masih menunggu telaah dan investigasi dari LIPI, baik mengenai analisis konstruksi maupun analisis lainnya," ujar Sekda Kepri Suhajar Diantro pada wartawan di Tanjungpinang, Kamis(31/1/2013).

Ditanya apakah rekomendasi hasil telaah dan analisis LIPI terhadap Jembatan I Dompak itu sudah diterima Provinisi, Suhajar mengakui, kalau hasil tersebut sudah ada, dan Dinas PU akan memaparkanya dalam rapat bersama yang akan dilaksanakan Pemerintah Provinsi Kepri.

"Hasilnya sudah kita terima dan Dinas PU sudah melaporkan ke kita. Selanjutnya hasil rekomendasi serta telaah ini, akan kita rapatkan dalam rapat koordinasi dengan Gubernur," ujarnya.

Suhajar juga menekankan, Jembatan I Dompak itu harus tetap diselesaikan dalam satu tahun mendatang.

Disinggung dengan mekanisme penyelesaian apakah masih menggunakan desain yang lama atau baru dalam pelaksanaan pembangunanya, Suhajar menimpali kalau pelaksanaan pembangunan tetap melanjutkan desain lama menyesuaikan hasil telaah dan rekomendasai LIPI yang sudah dilaksanakan.

"Untuk melanjutkan bangunan yang saat ini, akan kita lihat mana material-material yang bisa dipakai dan akan tetap digunakan. Sebaliknya, material yang tidak bisa digunakan akan diganti, sesuai dengan rekomendasi dan manajemen konstruksi lanjutan," kata dia.

Sebagaimana diketahui, akibat tidak selesai dikerjakan kontraktornya, PT Duta Graha hingga kontrak berakhir, menjadikan pelaksanaan pembangunan jembatan ini terbengkalai.