Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ratusan Warga Bukit Bestari Komplain Data di e-KTP Banyak Kesalahan
Oleh : ah/dd
Jum'at | 01-02-2013 | 13:54 WIB

TANJUNGPINANG, batamtoday - Sedikitnya 100 orang warga mendatangi Kantor Camat Bukit Bestari untuk menyampaikan komplain kesalahan data-data yang tercantum di e-KTP atau KTP elektronik mereka, Jumat (1/2/2013).


Seperti disampaikan Jumadi, misalnya. Dalam e-KTP warga Kelurahan Dompak ini, tercantum status belum kawin dan pekerjaan pensiunan pegawai negeri sipil (PNS). Sementara faktanya, Jumadi mengaku sudah berkeluarga dan punya anak 2, dan pekerjaannya sehari-hari juga hanya pekerja swasta.

"Aneh saja bang lihat e-KTP saya yang jadi, status di e-KTP berbeda dan tidak sesuai dengan faktanya. Sehingga kami datang ke sini untuk menyampaikan maslah ini," katanya.

Di tempat terpisah, Camat Bukit Bestari Abu Mansyur S Sos mengakui adanya laporan yang masuk soal perbedaan data di e-KTP. Han ini, katanya, disebabkan adanya kelalaian dari petugas e-KTP di kecamatan atau pusat yang mencetaknya.

Sementara itu, ratusan warga yang telah melaporkan adanya kesalahan data di e-KTP mereka, diminta untuk bersabar dan pihak kecamatan akan mencarikan solusinya. Pihak kecamatan jugu akan segera melaporkannya ke dinas kependudukan.

Seperti diketahui, warga Kecamatan Bukit Bestari yang wajib e-KTP ada sekitar 44.260 jiwa, dan 26.170 e-KTP diantaranya sudah didistribusikan ke masing-masing kelurahan untuk diserahkan ke warga melalui RT/RW masing-masing.