Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Nelayan Pulau-pulau Sekitar Batam Dukung Keberadaan GPNPI
Oleh : kli/dd
Rabu | 30-01-2013 | 15:38 WIB
yosep-GPNPI.gif Honda-Batam
Ketua DPC GPNPI Batam, Yosep Dias.

BATAM, batamtoday - Keberadaan Gerakan Pemuda dan Nelayan Pulau-Pulau Indonesia (GPNPI) di Kepri khusunya Batam disambut baik oleh masyarakat, khususnya nelayan pulau-pulau.

Sambutan ini disampaikan oleh beberapa tokoh mayarakat nelayan di pulau-pulau terdekat Batam. Para tokoh masyarakat itu meyakini GPNPI kedepan akan memperjuangkan nasib mereka yang selama ini diperalat oleh beberapa ormas yang mengatasnamakan nelayan.

Abdul Hamid, tokoh masyarakat Pulau Bulu, mengatakan masyarakat pulau tersebut sangat mendukung terbentuknya GPNPI. Pasalnya meski baru berdiri satu bulan lebih, namun pergerakannya nyata untuk membela kepentingan masyarakat khusunya nelayan yang selama ini tertindas.

"Masyarakat Pulau Bulu yakin GPNPI beda dengan ormas lain yang mengatasnamakan nelayan. GPNPI itu membela kepentingan masyarakat bukan mementingkan diri sendiri," katanya.

Senada dengan itu, tokoh masyarakat dari Pulau Jalo, Ipen, tokoh masyarakat Pulau Bertam, Muhtar dan beberapa pulau lain yang tak bisa disebut satu per satu juga mendukung keberadaan GPNPI yang murni membela kepentingan masyarakat.

"Bagi masyarakan Jalo keberadaan GPNPI ini kami yakini akan mengubah nasib para nelayan yang selama ini tertidas," jelasnya.

Dibanding dengan ormas lain yang selalu mengatasnamakan masyarakat nelayan, kata Muohtar GPNPI jauh lebih bagus. Memang, baru berdiri sekitar satu bulan lebih, tapi pergerakannya sudah nampak membela kepentingan masyarakat kecil khusnya nelayan.

Selama ini, kata Muhtar, mereka sudah diperalat oleh ormas lain yang mengatasnamakan nelayan untuk kepentingan pribadi. Nasib masyarakat nelayan tak pernah diperhatikan dan tak pernah ada tindakan yang dilakukan membela nasib nelayan.

"Masyarakat Pulau Bertam mendukung sepenuhnya keberadaan GPNPI,"sebutnya.

Di sisi lain, Ketua DPD GPNPI Batam, Yosep Dias, mengatakan yang mereka perjuangkan saat ini adalah kepentingan masyarakat, khususnya nelayan.

Terkait adanya beberapa gangguan dari pihak lain, kata Yosep bagi mereka itu hanyalah ujian yang akan mendewasakan mereka ke depan.

"GPNPI bukan seperti ormas lain yang hanya mementingkan kepentingan pribadinya. Kami bekerja untuk membela dan menyampaikan keluhan masyarakan nelayan yang selama ini sudah diperalat banyak pihak," tegas Yosep.