Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

TBM Barnas di Siantan Belum Difungsikan
Oleh : emmi/dd
Senin | 28-01-2013 | 17:54 WIB
tbm-barnas.gif Honda-Batam
TBM Barnas saat diresmikan beberapa waktu lalu.

ANAMBAS, batamtoday - Taman Bacaan Masyarakat (TBM) R A Barnas yang sudah diresmikan pada bulan November tahun 2012 lalu hingga saat ini belum difungsikan. Padahal masyarakat sudah menantikan agar taman bacaan tersebut bisa secepatnya digunakan.

"Kita sangat membutuhkan taman bacaan tersebut bisa secepatnya digunakan karena banyak anak sekolah yang membutuhkan dan masyarakat juga bisa menambah pengetahuan karena sebelumnya tempat tersebut juga bisa digunakan sebagai tempat pelatihan," kata Ian, salah satu warga Tarempa kepada batamtoday, Senin (28/1/2013).

Ian juga menambahkan, sebagai taman bacaan sejak diresmikan belum pernah aktif secara maksimal padahal bangunannya sudah cukup memadai. Namun dirinya belum mengetahui perlengkapan di dalam taman bacaan tersebut sudah lengkap atau belum.

"Menurut informasi yang saya dapat, jika taman bacaan hingga saat ini belum lengkap bukunya dan masyarakat sangat menantikan taman bacaan tersebut karena bisa digunakan oleh anak sekolah di luar jam belajar," katanya.

Camat Siantan, Ardan saat dikonfirmasi mengatakan, belum berfungsinya taman bacaan karena ada beberapa kendala termasuk rendahnya minat baca masyarakat Tarempa. Dirinya juga tidak dapat menyalahkan pengurus taman bacaan karena buku yang tersedia belum seluruhnya lengkap.

"Minat masyarakat kita sangat rendah, dan buku-buku juga belum lengkap dan faktor lainnya seperti meja dan bangku juga belum ada," katanya.

Ardan juga menambahkan, maju mundurnya taman bacaan semua tergantung dari pengurus yang telah dilantik beberapa waktu lalu.

"Bagaimana untuk menarik masyarakat agar minat baca meningkat, itu semua tergantung pengurus bagaimana cara mengatasi masalah itu, karena itu merupakan tanggung jawab dari pengurus taman bacaan," katanya.