Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Beberapa Pekerjaan yang Bisa Sebabkan Asma
Oleh : dd
Kamis | 24-01-2013 | 17:51 WIB
asma.jpg Honda-Batam
Ilustrasi.

BATAM, batamtoday -  Sejumlah bidang pekerjaan memicu timbulnya penyakit asma pada orang dewasa.

Seperti dikutip dari reuters, sebanyak 9.488 warga Inggris yang lahir pada 1985 dan dipantau selama 15 tahun, sembilan persen mengalami penyakit asma ketika mereka berusia 42.

Disimpulkan bahwa tempat bekerja dan jenis pekerjaan memberikan kontribusi timbulnya asma bagi orang dewasa. Bahkan ini lebih besar ketimbang akibat kebiasaan merokok.

Tim dari Imperial College London setidaknya mengidentifikasi 18 pekerjaan yang berkaitan dengan risiko peningkatan asma. Di antaranya yaitu bercocok tanam, penata rambut, percetakan, pekerjaan bersih-bersih.

Petani memiliki risiko empat kali lebih besar terkena asma dibanding pekerja kantor dan penata rambut yang memiliki risiko dua kali lebih besar dan pekerja di percetakan memiliki risiko tiga kali lebih besar.

"Risiko asma seringkali diabaikan oleh pengusaha, karyawan dan profesional kesehatan. Ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran bahwa penyakit ini hampir seluruhnya bisa dicegah akan menjadi langkah besar dalam mengurangi ," kata Penulis utama studi tersebut, Dr Rebecca Ghosh dari MRC-HPA Pusat Lingkungan dan Kesehatan di Imperial College London.

Penelitian diterbitkan dalam jurnal Thorax yang didanai oleh Yayasan Asma Inggris dan Yayasan Colt. Seperti dikutip dari telegraph.co.uk.

Sumber : Inilah.com.