Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Stres Pemicu Timbulnya Jerawat
Oleh : dd
Rabu | 23-01-2013 | 11:22 WIB
jerawat.jpg Honda-Batam
Ilustrasi.

BATAM, batamtoday - Penelitian menunjukkan satu dari lima wanita yang berusia 25-40 mendapati wajah mereka tumbuh jerawat.

Seringkali para wanita berpikir, jerawat hanya akan menyerang wajah ketika usia mereka remaja. Sehingga ketika usia 30-an mereka bingung karena jerawat kembali muncul.

Dr Meera James, dokter kulit dan kecantikan mengatakan, munculnya jerawat tidak ada hubungannya dengan makanan yang Anda makan.

"Ada gagasan yang salah bahwa makan cokelat dapat mengakibatkan jerawat ketika dewasa pada wajah atau tubuh. Itu tidak ada hubungannya dengan apa yang Anda makan.," Kata Dr Meera.

Sebaliknya, lanjut dia, jerawat muncul dipicu karena kondisi psikologis yaitu adanya stres dalam menjalani hidup sehari-hari.

"Kebanyakan penyakit kulit, terutama jerawat adalah karena stres dalam kehidupan sehari-hari Anda. Jika Anda ingin menyingkirkan jerawat, Anda perlu membuat perubahan gaya hidup," katanya.

Sebagai penanganannya, dokter menyarankan, menjaga kebersihan adalah kuncinya. Jerawat merah berasal dari komedo yang meradang.

"Mereka terinfeksi dengan mudah ketika Anda menyentuh dengan tangan kotor. Ini dapat mematahkan dan menyebabkan bekas luka," dia memperingatkan.

Karena, ketika mencuci wajah, jangan terlalu memberi tekanan. Bahkan membasuh muka dengan obat pun tidak disarankan.

"Alih-alih sabun, sebaiknya gunakan anti-jerawat wajah dengan asam salisilat dan juga exfoliant dengan alpha-hydroxy acids. Lebih baik menghindari scrub," katanya seperti dilansir dari time of india.

Sumber : Inilah.com.