Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

BMKG Wanti-wanti Cuaca Buruk di Kepulauan Riau
Oleh : ah/dd
Selasa | 22-01-2013 | 09:21 WIB

TANJUNGPINANG, batamtoday- Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) Kota Tanjungpinang mewanti-wanti pihak Syahbandar Tanjungpinang agar mewaspadai cuaca buruk atau cuaca pancaroba yang melanda Provinsi Kepulauan Riau.


Sebagaimana disampaiakan Kepala BMKG Tanjungpinang Hartanto, Selasa (22/1/2012), kecepatan angin di kota Tanjungpinang saat ini mencapai 20 km/jam dengan suhu 23-27 derajat celsius, arah angin menuju Timur Laut dan cuaca hujan sedang.

Kondisi tersebut, katanya, perlu tetap diwaspadi oleh pihak-pihak agen pelayaran dan pihak Syahbandar agar memastikan kapal yang berangkat dari Tanjungpinang selamat sampaitujuan yang diharapkan.

"Kita selalu berkoordinasi dengan pihak Syahbandar, hanya saja cuaca tidak selalu bisa diperdiksikan sehingga kami berharap pihak Syahbandar dapat benar-benar memeriksa kelayakan kapal sebelum belayar, agar kapal-kapal yang berangkat keluar Tanjungpinang selamat sampai tujuan," ujar Hartanto.

Sejauh ini, tambahnya, ketinggian ombak setabil namun untuk Tarempak, Natuna, Ranai, dan Karimun ombak masih naik turun antara 1 sampai 2 meter. "Kami juga akan memberitahukan Syhabandar jika terjadi potensi gelombang besar di Kepri," katanya.

Pengaruh angin di awal Januari 2013 ini, tambah Hartanto, seperti lepas kendali sehingga angin bertiup begitu kencang kesana kemari.

Hartanto juga mengakui ada potensi gempa di daerah 15 kilometer Barat Daya Kota Banda Aceh lokasi 5.49 LU-95.21 BT dengan kedalaman 84 km, namun tidak berpotensi tsunami, kejadian yang  terjadi pagi ini.