Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Sarana Pariwisata Anambas Perlu Ditingkatkan
Oleh : em/dd
Jum'at | 18-01-2013 | 10:06 WIB

ANAMBAS, batamtoday - Untuk menarik wisatawan lokal maupun mancanegara ke Anambas, Dinas Pariwisata Anambas harus segera membenahi dan meningkatkan sarana dan prasarana pendukung pariwisata.


Potensi pariwisata Kabupaten Kepulauan Anambas, merupakan salah satu daerah yang eksotis, terbukti beberapa waktu lalu penilaian salah satu media internasional (CNN.com), Anambas merupakan daerah pulau tropis terindah se-Asia.

"Mendapat predikat terindah se-Asia merupakan kebanggaan Anambas, namun untuk meningkatkan daya tarik waisatawan, Dinas Pariwisata perlu lebih giat lagi menggandeng pihak ketiga untuk menyiapkan sarana dan prasarana pendukung pariwisata," ujar salah satu pemerhati wisata Kepri, Ahua, baru-baru ini.

Ahua yang juga pemilik biro travel di Batam ini mengaku dirinya mendapat informasi, jika salah satu wilayah di Kepulauan Riau, yakni Kabupaten Kepulauan Anambas, banyak tamu baik dari Singapore dan Malaysia mempertanyakan lokasi tersebut. Namun pihaknya hingga kini belum bisa memberikan jawaban yang pasti atau mendetail titik-titik tempat wisata Anambas.

"Banyak tamu yang datang terutama dari Singapore dan Malaysia menanyakan lokasi Anambas. Namun kita belum bisa memberikan informasi yang pasti, misalnya transportasi ke sana, karena menggunakan pesawat dari Batam hanya 2 kali yakni Rabu dan Sabtu sementara kapasitas penumpangnyapun masih terbatas," katanya.

Selain masalah transportasi, Ahua juga belum bisa memberikan gambaran yang pasti lokasi yang diinginkan oleh para turis. Dirinya juga belum berani menjamin segala sarana dan prasarana yang dapat digunakan oleh para turis jika berkunjung ke Anambas.

"Kita kekurangan informasi mengenai sarana prasana pariwisata di sana, misalnya jika turis ingin diving atau snorkling dan keliling pulau-pulau di Anambas apakah sudah ada peralatan yang khusus disewakan. Itulah yang tidak bisa kita berikan jawaban yang pasti, karena hingga saat ini belum ada biro travel di sana yang bisa kita ajak untuk kerjasama," katanya.

Kepulaun tropis Anambas dipilih menjadi yang pertama sebagai pulau tropis terindah di Asia versi CNN.com. Seperti dilansir laman website media internasional tersebut pada Sabtu 14 April 2012, Kepulauan Anambas berada di peringkat teratas diikuti kemudian oleh Koh Chang (Thailand), Langwaki (Malaysia), Halong Bay (Vietnam), dan Similan (Thailand). 

Pulau-pulau tropis terbaik tersebut merupakan hasil pilihan dari Herman Ho, Managing Director Boat Asia 2012 dan Stuart McDonald, yaitu pendiri dan editor salah satu website perjalanan Asia, Travelfish.org. Keduanya secara langsung diminta oleh CNN.com untuk memilih pulau tropis terbaik di Asia berdasarkan keindahan hamparan laut biru yang luas, lokasi menyelam terpencil, biota laut yang beraneka ragam, dan kealamian pulaunya.