PKP
Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

DPD Kepri Laporkan Hasil Kegiatan di Daerah
Oleh : si
Selasa | 15-01-2013 | 19:09 WIB
zulbahri.jpg honda-batam

Senator DPD Kepri Zulbahri

JAKARTA, batamtoday - Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Kepulauan Riau (Kepri) menyampaikan laporan kegiatan di daerah pada 17 Desember 2012 hingga 13 Januari 2013 dalam Rapat Paripurna DPD RI, Selasa (15/1/2013).



Laporan kegiatan selama berada di daerah pemilihan memiliki makna sebagai bentuk akuntabilitas tugas dan empat Senator asal Kepri, yakni Aida Z Ismeth, Zulbahri, Djasarmen Purba dan Hardi Selamat Hood sebagai wakil rakyat.

Senator Zulbahri, yang juga Ketua Komite IV DPD RI  ditunjuk untuk menyampaikan laporan kegiatan Anggota DPD RI asal Kepri setebal 28 halaman tersebut.

"Selama kami menjalankan kegiatan di daerah, banyak aspirasi yang telah kami serap baik secara langsung berupa tatap muka dengan kelompok-kelompok masyarakat maupun secara tidak langsung melalui informasi yang ada di media. Informasi maupun aspirasi tersebut selanjutkan akan menjadi masukan  yang sangat berarti bagi perjalanan kami dalam memasuki masa sidang berikutnya," kata Zulbahri.

Menurut Zulbahri, DPD Kepri menyadari tanpa aspirasi yang disampaikan masyarakat di daerah, tugas DPD Kepri tidak akan mampu bekerja dengan baik.

"Masyarakatlah yang menjadi mata dan telinga kami sehingga tugas dan fungsi sebagai anggota legislatif dapat kami laksanakan dengan maksimal," katanya.

Namun, aspirasi yang diterima dari satu masa ke masa berikutnya memanglah tidak jauh berbeda. Bahkan ada kecenderungan untuk mengulang permasalahan tersebut.

"Sebagai wakil rakyat, maka sudah menjadi keharusan bagi kami untuk melaporkanya dihadapan bapak/ibu secara utuh dan menyeluruh," katanya.

Secara umum hasil jaring aspirasi, lanjutnya, dilaporkan berdasarkan pada klasifikasi tugas dan kewenangan dalam melakukan eksekusi, yang dapat dikelompokkan dalam empat alat kelengkapan (Komite) yang dimiliki oleh DPD RI. 

"Sudah menjadi kewajiban dan sekaligus menjadi rutinitas kita untuk selalu menyampaikan laporan hasil kegiatan selama di daerah pemilihan masing-masing, apa yang telah kami serap selama kami berada di daerah," katanya.