Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kecamatan Batam Kota Segera Salurkan 30.361 e-KTP
Oleh : hz/dd
Selasa | 15-01-2013 | 09:32 WIB

BATAM, batamtoday - Program e-KTP di Kecamatan Batam Kota kini sudah tahap pendistribusian kepada masyarakat. Namun dari 79.689 e-KTP yang direkam, pihak kecamatan baru menerima sebanyak 30.361 e-KTP.

Warga yang wajib mereka e-KTP sebanyak 87.625 orang berdasarkan data penduduk di kecamatan tersebut. Sementara itu, e-KTP yang belum disalurkan dari pusat masih sebanyak 49.326 e-KTP.

Camat Batam Kota, Syaiful Bahri mengatakan untuk menyalurkan e-KTP ini kepada masyarakat pihaknya menggunakan sistem pembagian secara per kelurahan tempat tinggal warga.

Menurutnya, dengan cara tersebut pendistribusian e-KTP yang telah direkam menjadi lebih mudah dan dapat sampai ke tangan pemiliknya tanpa ada yang terselip.

"Pembagian e-KTP ini kita salurkan per kelurahan, sehingga dapat lebih cepat dan efisien," kata Syaiful kepada batamtoday, Selasa (15/1/2013).

Dijelaskannya, dalam pelaksanaan di lapangan terserah pihak kelurahan menggunakan cara mereka-masing, namun pengawasan dalam pembagian e-KTP yang terpenting dan dapat tersalurkan dengan baik.

"Ada kelurahan yang menyortir e-KTP dan membagikan per RW dan RT, ada pula yang membagikan sistem per abjad dan diumumkan di kelurahan masing-masing," terangnya.

Pendistribusian e-KTP di Kecamatan Batam Kota ini disalurkan di enam kelurahan yakni, Kelurahan Belian, Kelurahan Teluk Tering, Kelurahan Baloi Permai, Kelurahan Taman Baloi, Kelurahan Sukajadi dan Kelurahan Sungai Panas.

Sama seperti di kecamatan lain, di Kecamatan Batam Kota juga banyak menemukan e-KTP yang salah cetak. Untuk mengantisipasi hal itu, pihaknya telah menyiapkan blanko yang wajib diisi warga yang e-KTP-nya terdapat kesalahan tersebut.

"Semua dibikin berita acaranya, selanjutnya kita kirim ke Disduk untuk kemudian diteruskan ke Jakarta," pungkas Syaiful.