Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Waspadai Gelombang Laut Kepri Capai 3 Meter
Oleh : ah/dd
Rabu | 09-01-2013 | 08:38 WIB

TANJUNGPINANG, batamtoday - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geosifika (BMKG) Tanjungpinang mengingatkan kepada warga maupun pengguna transportasi laut untuk mewaspadai ketinggian gelombang di perairan Kepulauan Riau.

Kepala BMKG Tanjungpinang, Hartanto mengatakan dalam beberapa hari ke depan gelombang cukup tinggi berkisar 2,5 - 4 meter diperkirakan terjadi di perairan sekitar Karimun, Natuna, Dabo dan Lingga.

"Gelombang laut di Kepri cukup tinggi dan angin cukup kencang, karenanya perlu waspada. Kami menyarankan masyarakat tidak berlayar dulu jika ada cuaca buruk dalam tiga hari ke depan," katanya, Rabu (9/1/2013).

Menurut Hartanto, kondisi cuaca  yang memasuki pancaroba, cuaca yang terlalu panas membuat tidak sinkronnya dengan kelembapan awan yang berada di Kepri, ditambah masuknya angin utara, membuat angin semangkin kencang dan lepas tanpa ada batasan sehingga dapat berpotensi menjadikan gelombang tinggi dengan kecepatan angin mencapai 35-55 kilometer per jam.

"Sangat bahaya bagi kapal yang mau berlayar menuju Karimun, Natuna, Lingga, Dabo, Tambelan dan Batam, semua informasi cuaca sudah kita serahkan kepada Sahbandar yang memiliki kewenangan untuk memberangkatkan kapal atau tidak, sebab wewenang kita memberi informasi," tambahnya.

Dengan kondisi tersebut maka angin dari berbagai penjuru akan melintasi Laut Kepri sehingga gelombang di perairan di Laut Kepri tinggi, sedangkan kecepatan angin bisa mencapai 55 kilometer per jam.

Menyinggung curah hujan, Hartanto  mengatakan bahwa rata-rata curah hujan saat ini sudah berkisar 70 mililiter.