Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Merpati Airlanes Kembali Terbangi Batam
Oleh : ali/dd
Selasa | 08-01-2013 | 14:39 WIB

BATAM, batamtoday - Di tahun 2013 ini maskapai penerbangan Merpati Airlines yang sempat vakum di Bandara Hang Nadim, Batam kembali akan mulai beroperasi pada Maret mendatang.

"Hal ini tentu saja akan meramaikan jadwal penerbangan di Hang Nadim, walaupun rutenya belum diketahui," kata Kabag Keuangan dan Umum Bandara Hang Nadim, Batam, Suwarso, Selasa (8/1/2013).

Selain maskapai Merpati kembali, untuk tahun 2013 ini, maskapai penerbangan Citilink berencana akan menambah rute penerbangan penumpang dari Batam

"Penambahan rute tersebut diantaranya penambahan frekuensi rute Batam-Padang dari satu kali menjadi tiga kali penerbangan. Selain itu, akan ada rute baru Batam-Palembang sebanyak dua kali penerbangan," ujarnya sembari mengatakan dari hasil rapat bersama beberapa maskapai penerbangan Hang Nadim, baru Citilink yang melakukan penambahan rute.

Tambahnya, adanya penambahan rute,frekuensi di Bandara Hang Nadim pada tahun 2013 mengalami peningkatan. Dari tahun 2012 terdapat 48 penerbangan menjadi maka dengan adanya penambahan rute dari Citilink, di tahun 2013 menjadi 52 penerbangan dari 11 maskapai penerbangan yang ada di Hang Nadim.

"Peningkatan frekuensi penerbangan Batam-Padang untuk maskapai  Citilink akan dimulai sejak Kamis (10/1/) mendatang. Sedangkan untuk rute baru Batam-Palembang akan dimulai pada Rabu (16/1/2013) mendatang," terangnya.

Selain penambahan rute, pada tahun inni, Citilink juga akan menempatkan dua pesawat penumpang jenis ATR 500 di Bandara Hang Nadim untuk melayan calon penumpang tujuan Natuna, Pekanbaru dan wilayah di Kepri lainnya.

Tidak hanya Citilink, tahun ini pihak maskapai Sky Aviation juga berencana untuk menempatkan pesawat Sukhoi terbaru di Hang Nadim.

"Pesawat ini dijadwalkan akan tiba di Hang Nadim pada bulan Januari ini. Untuk Asialink juga akan menambah dua pesawat cargo dan satu unit pesawat penumpang pada Maret 2013 mendatang," pungkasnya.