Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Wasit Kontroversial Pimpin Laga Manchester United-Liverpool
Oleh : dd/goal
Selasa | 08-01-2013 | 08:20 WIB
howard_web.jpg Honda-Batam
Howard Webb.

LONDON, batamtoday - Howard Webb telah ditunjuk sebagai wasit yang akan memimpin pertandingan Liga Primer Inggris antara Manchester United dan Liverpool di Stadion Old Trafford pada akhir pekan ini.

Goal melaporkan, saat terakhir kali Webb memimpin pertandingan kedua tim, Liverpool diganjar hukuman penalti di menit awal, dan kapten tim Steven Gerrard diusir ke luar lapangan.

Ryan Babel yang saat itu masih bermain untuk Liverpool kemudian memberikan ejekan melalui akun Twitter pribadinya dengan menampilkan gambar Webb memakai jersey United. Federasi sepakbola Inggris kemudian menjatuhkan hukuman denda £10 ribu kepada Babel.

Manajer United Sir Alex Ferguson juga pernah mengeluarkan kritikan kepada Webb yang berujung sanksi.

Menjelang duel melawan Chelsea pada 2011, yang diwasiti Webb, Ferguson mengatakan dirinya menghadapi 'kekhawatiran besar' bakal menjadi korban keputusan wasit yang buruk, tapi 'kami akan dipimpin wasit hebat, dan berharap itu bisa mengubah peruntungan kami'.

Mantan manajer Liverpool Kenny Dalglish juga pernah menyerang Webb, setelah The Reds dikalahkan Tottenham pada 2011.

“Sungguh tidak membantu bagi setiap orang setelah kita tidak bisa mengekspresikan pemikiran kita yang sesungguhnya, dan lebih mengecewakan lagi para wasit tidak datang untuk memberikan penjelasan tentang keputusan mereka,” kata Dalglish mengenai sejumlah keputusan yang dikeluarkan Webb.