Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Metode Baru Murnikan Udara
Oleh : dd/hc
Rabu | 02-01-2013 | 10:49 WIB

BATAM, batamtoday - Protes masyarakat ternyata bisa berbuah manis bagi sebuah perusahaan. Diawali oleh niat menghilangkan masalah bau yang mengganggu lingkungan sekitar, Jysk Environment Clean bekerja sama dengan Departemen Kimia University of Copenhagen melakukan penelitian rahasia selama 6 tahun.

Hasilnya, mereka berhasil menemukan metode pembersihan udara baru yang mampu menghilangkan masalah bau yang mengganggu hidung penduduk Aarhus dan meredam protes masyarakat.

Matthew Johnson peneliti dari Departemen Kimia University of Copenhagen beserta tim mengembangkan alat pemurni udara ini sejak Mei 2012. Kini setelah semua langkah penelitian dilakukan, mereka berhasil menemukan metode yang bekerja melebihi harapan para peneliti.

Dengan menggunakan metode alami sederhana, mereka berhasil mengembangkan cara membersihkan polusi udara yang bisa digunakan untuk skala rumah tangga maupun perusahaan. Matthew Johnson telah mamatenkan metode yang meniru kemampuan alami atmosfer untuk membersihkan diri sendiri ini.

Gas pencemar yang terlepas ke udara mulai membentuk partikel saat bergabung dengan zat alami di atmosfer seperti ozon. Proses kimia ini dipicu oleh sinar matahari. Partikel-partikel baru yang terbentuk ini dibersihkan dari atmosfer oleh hujan. Saat udara mencapai daratan, udara telah kembali bersih. Metode alami inilah yang dikembangkan oleh Matthew Johnson.

“Metode ini selain bisa menciptakan iklim yang lebih baik juga mampu menghilangkan bau dari perusahaan sehingga mereka bisa terus berproduksi dan masyarakat pun gembira,” ujarnya sebagaimana dikutip dari berita University of Copenhagen.

Jysk Environment Clean adalah perusahaan yang memberikan sertifikasi produk ramah lingkungan dan layanan pengelolaan limbah rumah tangga maupun industri.