Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Liverpool Tutup Tahun dengan Sempurna

The Reds Bekap QPR, 3-0
Oleh : dd/goal
Senin | 31-12-2012 | 11:59 WIB
suarez.jpg Honda-Batam
Luis Suarez.

LONDON, batamtoday - Liverpool memetik kemenangan 'mudah' kala bertandang ke markas Queens Park Rangers pada laga pamungkas Liga Primer Inggris di 2012, Senin (31/12/2012) dinihari WIB. Tampil dominan sepanjang laga, anak-anak asuh Brendan Rodgers sukses membekap tuan rumah dengan skor 3-0.

Dua gol dicetak Luis Suarez yang tampil impresif di babak pertama. Sementara, gol ketiga The Reds diceploskan oleh Daniel Agger usai menyambar umpan kapten Steven Gerrard.

QPR sebenarnya tampil jauh lebih baik di babak kedua. Sayang, peluang-peluang mereka belum cukup untuk mengancam gawang Pepe Reina. Alhasil, tak satupun gol tercipta dari skuat besutan Harry Redknapp hingga tiga menit tambahan waktu berakhir.

Tambahan tiga angka memastikan Liverpool menutup 2012 di peringkat sembilan dengan koleksi nilai 28 dari 20 laga. Sedangkan QPR masih terpuruk di dasar klasemen setelah hanya mampu merengkuh sepuluh poin.

Babak pertama

Baik QPR maupun Liverpool mengawali pertandingan dengan baik, kendati tim tamu lebih dulu mendapatkan peluang mencetak gol di menit keempat. Itu ketika Luis Suarez melepaskan tendangan spekulatif ke gawang Julio Cesar, yang masih mampu ditepis kiper veteran Brasil.

Steven Gerrard sempat menyambar bola rebound di dalam kotak, namun tendangannya terlalu lemah untuk mengancam gawang Cesar.

Kubu tuan rumah pun tidak ingin kalah. Satu menit berselang, Adel Taarabt sempat memberikan umpan cantik kepada Jamie Mackie yang melesat ke depan kotak. Sayang, striker Skotlandia sudah terperangkap offside.

Pendukung tuan rumah sempat bersorak menuntut penalti ketika upaya Mackie melontarkan umpan silang di dalam kotak menyentuh dada Gerrard. Namun, wasit bersikukuh itu bukan handball dan meneruskan pertandingan.

Armada Liverpudlian akhirnya bersorak di menit sepuluh ketika Suarez berhasil memecah kebuntuan. Menerima umpan Jordan Henderson, striker Uruguay berlari melewati hadangan Clint Hill sebelum melepaskan tendangan yang tidak bisa diantisipasi Cesar.

Suarez hanya membutuhkan waktu enam menit sebelum kembali memaksa Cesar kembali memungut bola dari dalam gawangnya. Berawal dari umpan Stewart Downing, Suarez bergerak lincah ke depan gawang sambil melewati kawalan tiga punggawa QPR dan melesakkan bola dari jarak dekat.

Anak-anak asuh Harry Redknapp mendapat peluang bagus di menit 22 lewat tendangan bebas. Sayangnya, Taarabt yang dipercaya sebagai eksekutor tidak mampu mengarahkan tendangannya melewati dinding pemain Liverpool.

The Reds nyaris kembali membobol gawang Cesar jika saja Ryan Nelsen tidak melakukan aksi penyelamatan brilian. Nelsen berlari kencang ke depan gawang dan berhasil membuang bola hasil umpan silang mendatar Glen Johnson tepat pada waktunya.

Kendati demikian, klub Merseyside berhasil mencuri gol ketiga mereka melalui Daniel Agger di menit 28. Berawal dari sepak pojok, Gerrard melesakkan umpan silang terukur ke tengah kotak yang segera disambar tandukan keras bek Denmark. 3-0 Liverpool memimpin.

Suarez terus menjadi ancaman bagi lini pertahanan QPR di mana pergerakannya di menit 37 nyaris membuahkan gol tambahan. Mantan bintang Ajax Amsterdam dengan brilian mengecoh kawalan beberapa pemain tuan rumah sebelum mengoper bola kepada Gerrard yang lolos dari penjagaan. Beruntung bagi QPR, tendangan kencang Gerrard berhasil dihalau dua bek The Hoops.

Di bawah tekanan tamu mereka, QPR mendapat peluang di penghujung babak pertama ketika Taarabt berhasil merangsek ke depan kotak sebelum melepaskan tendangan lewat kaki kirinya. Namun, bola masih bisa ditangkap Pepe Reina.

Alhasil, hingga babak pertama berakhir, keunggulan 3-0 untuk Liverpool belum berubah.

Babak kedua

Tertinggal tiga gol di babak pertama, Harry Redknapp melakukan perubahan menarik pada skuatnya dengan menarik keluar striker Djibril Cisse dan menurunkan gelandang Shaun Derry sebagai gantinya.

Sementara itu, Liverpool mempertahankan dominasinya di babak kedua. Suarez sepertinya mengincar hat-trick dan kembali mengancam gawang Cesar lewat tendangan kencangnya usai menerima umpan dari Jose Enrique. Beruntung bagi tuan rumah, mantan kiper Internazionale masih mampu menepis bola.

Aksi penyelamatan gemilang diperagakan Nedum Onuoha yang berhasil memotong umpan silang Suarez kepada Gerrard yang telah menunggu dengan tandukan kepalanya.

Di menit 60, QPR akhirnya memperoleh peluang menjanjikan pertama untuk mengejar ketinggalan, di mana mereka berhasil merangsek ke depan gawang Reina. Sayang, umpan silang mendatang Armand Traore tidak bisa dijangkau oleh punggawa The Hoops.

Beberapa saat kemudian, Taarabt berspekulasi dengan melepaskan tendangan kencang dari luar kotak yang masih bisa dibendung kiper Spanyol.

Redknapp kembali melakukan pergantian pemain di menit 63 dengan menurunkan Esteban Granero untuk menggantikan Samba Diakite. Sedangkan, di kubu Liverpool, Lucas Leiva masuk untuk menggantikan Jordan Henderson.

Perlahan tapi pasti, permainan QPR semakin berkembang, di mana tuan rumah beberapa kali melakukan penetrasi ke wilayah pertahanan The Reds. Salah satu peluang terbaik mereka datang lewat Stephane Mbia yang menerima umpan tarik Traore. Sayang, tendangan melengkung Mbia masih melebar di sisi gawang Reina.

Liverpool dipaksa melakukan pergantian pemain di menit 71 setelah Enrique terlihat menahan sakit di tengah lapangan. Gelandang Spanyol Suso masuk untuk menggantikan kompatriotnya.

Sepuluh menit jelang laga usai, The Hoops kembali mendapat hadiah tendangan bebas, menyusul pelanggaran Lucas terhadap Taarabt di depan kotak. Sayang, meski tendangan Mbia berhasil melewati dinding pemain Liverpool, bola masih bisa ditangkap oleh Reina.

Sayangnya, meski tampil lebih menjanjikan di babak kedua, QPR tidak mampu mengejar ketinggalan hingga tambahan waktu tiga menit berakhir. Memasuki injury time, kedua tim tampak menurunkan tempo permainan dan memastikan kemenangan kubu Merseyside di hadapan publik Loftus Road.