Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pelantikan Pejabat Eselon Karimun Diwarnai Demo Buruh PT MOS
Oleh : khn/dd
Kamis | 27-12-2012 | 18:23 WIB
nurdin-demo-buruh.gif Honda-Batam
Bupati Karimun, Nurdin Basirun saat menemui perakilan buruh PT MOS yang berdemo.

KARIMUN, batamtoday - Kendati Bupati Karimun memberikan madu yang manis terhadap beberapa pejabat eselon II, III dan IV namun tidak demikian yang dirasakan karyawan PT MOS.

Sehingga acara pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan pejabat eselon II, III dan IV serta penandatanganan pakta integritas pejabat struktural di lingkungan Pemerintah Kabupaten Karimun itu diwarnai demo karyawan PT MOS, Kamis (27/12/2012) di depan kantor Bupati Karimun.

Dalam sambutannya dihadapan para pejabat yang dilantik, Bupati Nurdin Basirun mengatakan bahwa dirinya tetap berupa membuat pejabat di Karimun tetap senang. Bahkan mutasi dikalangan pejabat merupakan peningkatan atas kinerja yang diberikan pejabat yang bersangkutan, selama ini. Caranya dengan memekarkan bagian di masing-masing SKPD, Kecamatan dan Kelurahan/ Desa di Kabupaten Karimun.

Namun demikian, beberapa nama yang dimutasi, masih
pada jabatan dan kepangkatan yang sama, hanya berpindah SKPD. Bahkan ada juga beberapa nama, harus tergerus dari lingkaran pejabat, di lingkungan Pemerintah Kabupaten Karimun.

"Tujuan mutasi ini adalah untuk menjadikan Kabupaten Karimun, memiliki daya saing, baik di tingkat lokal maupun internasional. Yang pada akhirnya akan menuju kepada kebaikan," terangnya.

Menurutnya, tidak ada yang mustahil jika semua dilakukan bersama sama. Dan diakhir sambutannya, Bupati Nurdin Basirun  mengucapkan terima kasih kepada pejabat yang selama ini telah mengabdikan dirinya dilingkungan Pemkab Karimun serta ucapan selamat bertugas bagi pejabat yang menduduki jabatan barunya.

"Mari kita jadikan jabatan ini untuk menjalin kepentingan bersama, demi masyarakat karimun dan bukan untuk kepentingan pribadi. Pesan saya, Infrastruktur yang ada ini jangan dijadikan monumental. Tetapi jadikan ia pondasi untuk kemajuan masyarakat Kabupaten Karimun,"terangnya.

Lebih jauh, Nurdin menjelaskan bahwa jabatan itu adalah amanah sehingga dirinya meminta agar amanah tersebut dijadikan amal yang akan membuat kita tenang dalam menjalankan jabatan, tanpa merasa penat, jenuh dalam menjalankan amanah tersebut.

"Amanah ini, jika salah menggunakannya, maka akan menjadi mudarat bagi diri kita. Terimalah jabatan ini dengan ikhlas dan selamat bertugas dan selamat tahun baru bagi semuanya," ujarnya mengakhiri.

Dari 400 pejabat yang dilantik, 11 pajabat diantaranya berasal dari eselon II, 106 pejabat eselon III, 273 pejabat eselon IV serta 10 Kepala Desa dari 6 kecamatan se-Kabupaten Karimun.

Sementara itu, karyawan PT MOS yang menggelar aksi demo di halaman kantor Bupati, rela menunggu Bupati selesai melantik para pejabat. Namun ketika Bupati menemui mereka, tarik ulur kembali didendangkan.

Perwakilan karyawan dari Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia PUK PT MOS yang melakukan aksi demo, Pajar ketika meminta ketegasan Bupati memperjuangkan nasib mereka, di sambut dingin.

Namun demikian, Bupati masih berkomitmen untuk memfasilitasi pertemuan dengan pemilik dan manajemen PT MOS pada awal Januari 2013 mendatang.

"Nanti saya agendakan untuk pertemuannya. Tapi saya minta untuk menerima apa yang sudah menjadi ketentuan," ujarnya di depan para demonstran.