Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Barca Menang, Madrid Kalah Lagi
Oleh : inl/si
Minggu | 23-12-2012 | 07:41 WIB

SPANYOL, batamtoday - Barcelona mengokohkan posisinya di puncak klasemen sementara La Liga Spanyol setelah membekuk Real Valladoid. Sementara Real Madrid justru malah mengalami kekalahan.



Meski pelatih Barcelona Tito Vilanova absen karena tengah menjalani masa penyembuhan pasca operasi kanker yang dideritanya, Blaugrana yang bertandang ke Estadio Municipal Jose Zorrilla justru tampil digdaya membekuk Valladoid dengan skor 3-1.

Keunggulan Barca diawali oleh gol Xavi di menit ke-43, diikuti oleh Lionel Messi yang menciptakan gol ke-91 miliknya, dan Javi Guerra di injury time.

Barca pun semakin terbantu dengan kekalahan Real Madrid atas Malaga dengan skor 3-2. Juara La Liga musim lalu ini, semakin tertinggal dengan selisih 16 dari Barca sebagai pemimpin klasemen.

Setelah babak pertama berakhir tanpa gol, Malaga membuka keunggulan di menit ke-49 lewat gol milik Isco. Sementara Madrid tertolong akibat gol bunuh diri Sergio Sanchez di menit ke-66.

Gol tersebut langsung melecut semangat tim tamu untuk menambah skor. Sialnya, Madrid kembali kebobolan di menit ke-73, setelah Roque Santa Cruz menyarangkan dua gol.

Tertinggal 3-1 akhrinya Madrid berhasil memperkecil kekalahan dengan gol Karim Benzema sebelum laga berakhir.

Malaga yang kini menduduki peringkat keempat klasemen, kini hanya berjarak dua poin di belakang Real Madrid.

Di laga lainnya Real Mallorca merangkak keluar dari zona degradasi dengan kemenangan 2-1 dari Real Betis.

Benat membawa Betis unggul lebih dulu dengan golcepat di menit ke-6. Tapi sayangnya Victor dan Javi Marquez berhasil membalas dengan dua gol beruntun. Ini adalah kemenangan pertama mereka setelah 14 pertandingan.

Iker Casilas absen
Real Madrid harus menelan kekalahan kala bertandang ke markas Malaga, Stadion La Rosaleda, Minggu (23/12/12) dini hari WIB. Hasil itu pun dikaitkan dengan absennya kiper utama El Real, Iker Casillas.

Dalam melakoni jornada ke-17, pelatih Madrid, Jose Mourinho, secara mendadak menyimpan Casillas di bangku cadangan. Dengan begitu, Antonio Adan otomatis maju sebagai penjaga gawang.

Sayangnya, performa kiper kedua itu belum setara dengan Casillas yang sudah sangat berpengalaman di level klub maupun bersama Timnas Spanyol.

Hal itu terbukti dengan bersarangnya tiga gol yang masing-masing dilesakkan Isco dan sepasang lagi dari Roque Santa Cruz. Sedangkan Los Blancos hanya bisa memperkecil ketertinggalan dengan dua gol dari Karim Benzema dan bunh diri bek lawan, Sergio Sanchez.

Spekulasi yang beredar, keputusan Mourinho yang tidak memainkan Casillas sebagai starter, terkait adanya perselisihan antara kiper dengan sang entrenador asal Portugal tersebut.

Namun, kabar itu dibantah oleh pelatih berjuluk The Special One. Seperti dilansir Marca, keputusan tidak memainkan Iker Casillas adalah karena keputusan teknis, bukan non teknis seperti perselisihan dengan anggota klub.

Sejak menjadi bagian inti Los Merengues tahun 1999 silam, pemilik nama lengkap Iker Casillas Fernandez hampir tak pernah absen dari skuad utama. Sebelumnya, ia pernah dicadangkan pada Bulan Mei 2002, saat timnya bertandang ke markas Deportivo La Coruna, Stadion Riazor karena alasan teknis.

Dengan kekalahan yang baru saja dideritanya, El Real masih tertahan di posisi ketiga dengan raihan 33 angka. Namun, itu membuatnya terpaut 16 poin dengan seteru abadinya yang berada di puncak klasemen, Barcelona.