Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Probiotik Mampu Sembuhkan Penyakit Kulit Anak
Oleh : dd/mdk
Jum'at | 21-12-2012 | 16:15 WIB

BATAM, batamtoday - Anak yang mengonsumsi suplemen probiotik atau makanan kaya probiotik tak mudah terserang eczema (eksim), ungkap penelitian. Eczema atau eksim adalah peradangan kulit yang disebabkan oleh banyak hal, misalkan alergi atau faktor dari dalam tubuh.

"Kami berharap peneliti akan melanjutkan penelitian pada suplemen probiotik untuk mengetahui apakah suplemen ini bisa berujung pada bentuk terapis bagi anak," ungkap Negar Foolad, ketua peneliti dari University of California, seperti dilansir oleh Reuters belum lama ini.

Eczema yang dialami anak, disebut juga dermatitis atopic biasanya tidak menular. Meski begitu, rasa sakit atau gatal yang terasa bisa jadi sangat parah dan membuat anak tersiksa.

Dr Sonia Michail dari University of Southern California berpendapat bahwa pada anak penyebab dermatitis atau eczema seringkali tidak diketahui. Namun biasanya ini disebabkan oleh alergi atau intoleransi terhadap makanan tertentu.

Penelitian ini dilakukan dengan mengamati 21 penelitian yang melibatkan 11.000 partisipan. Beberapa partisipan adalah anak balita, sementara lainnya adalah ibu hamil dan ibu menyusui. Beberapa dilakukan dengan memberikan suplemen probiotik pada partisipan dan suplemen lain.

Pada penelitian lain, anak-anak diberikan bakteri Lactobacillus rhapsodic GG atau Lactobacillus rhamnosis NH001. Hasilnya diketahui anak yang diberikan bakteri baik tersebut mengalami perkembangan kondisi kulit yang membaik dibanding anak yang diberikan placebo.

Probiotik adalah mikroba, mayoritas merupakan bakteri, yang tumbuh dalam pencernaan manusia dan membantu proses pencernaan. Probiotik bisa didapatkan melalui beberapa makanan seperti yogurt.