Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Peringati Hari Juang Kartika, Kodim 0316 Batam Gelar Napak Tilas
Oleh : hz/dd
Selasa | 18-12-2012 | 17:49 WIB

BATAM, batamtoday - Memperingati Hari Juang Kartika HUT TNI AD yang jatuh pada tanggal 5 Desember, Kodim 0316 menggelar napak tilas untuk meningkatkan semangat juang dan soliditas prajurit Infanteri dalam mendukung tugas pokok TNI, Selasa (18/12/2012).

Rangkaian napak tilas Hari Juang Kartika 2012 ini terdiri dari sembilan etape, dimana setiap pleton terdiri dari 39 personil TNI Yonif 134/ Tuah Sakti harus berjalan sepanjang 20 kilometer dari tiap titik komando.

Adapun pelaksanaannya dilaksanakan di tiga kota di Kepri, yakni Karimun, Tanjungpinang dan Batam. Dimana setiap kota terdiri dari tiga etape, sedangkan puncak peringatan Hari Juang Kartika ini akan dipusatkan di Kawasan Wisata Ocarina, Batam Centre, pada Rabu (19/12/2012) besok pagi.

"Tradisi napak tilas yang dilaksanakan Jendral Besar Soedirman dalam melepaskan dari penjajahan Belanda dan Jepang dalam merebut kemerdekaan Republik Indonesia," kata Dandim 0316 Batam, Letkol Czi Ahmad Rizal Ramdhani kepada batamtoday dalam pelepasan pleton etape ke-9 di SMK Kartini, Baloi.

Dijelaskannya, napas tilas ini dilaksanakan secara turun menurun agar prajurit TNI AD mengetahui betapa beratnya perjuangan pejuang dalam melawan penjajahan Belanda dan Jepang dari muka bumi Indonesia, dimana para pejuang itu rela melepaskan harta benda dan jiwa raga untuk memperoleh kemerdekaan.

"Prajurit TNI AD saat ini harus lebih baik dari para pejuang kemerdekaan sebelumnya, sebab sekarang seluruh peralatan tersedia tak seperti pejuang dulu," tegasnya.

Selain itu, sebagai satu-satunya batalyon TNI yang ada di Kepri, prajurit Yonif 134/TS seharusnya dapat melakukan yang terbaik untuk  memelihara dan memupuk jiwa patriotisme serta mengenang dan menghormati jasa para pendahulu di kalangan prajurit khususnya dan masyarakat pada umumnya.

"Intinya setiap prajurit TNI AD dapat flash back terhadap jasa pejuang dalam merebut kemerdekaan dari tangan penjajah," pungkasnya.