Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Dana Insentif Tak Dibayar, Mitra Capil Lingga Demo Rumah Wabub
Oleh : jhr/dd
Selasa | 18-12-2012 | 17:03 WIB

LINGGA, batamtoday - Sedikitnya 50 dari 237 lebih mitra kerja Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lingga (Mitra Capil) melakukan aksi demo dengan mendatangi Kantor Disdukcapil dan rumah Wabup Lingga Abu Hasim, Senin (17/12/2012) kemarin.


Aksi demo Mitra Capil ini dipicu pernyataan Kepala Disdukcapil Lingga, Idrus, saat pertemuan dengan Mitra Catpil di Gedung Nasional Dabo, Senin (17/12/2012) kemarin. Saat itu Idrus mempertanyakan asal usul pembentukan Mitra Catpil.

Selain itu, Idrus juga menyatakan bahwa insentif untuk triwulan ke-4 (Oktober, November dan Desember ) tidak akan dibayar lagi, dan pada tahun 2013 mendatang Mitra Catpil akan dibubarkan.

Pernyataan Kadisdukcatpil Lingga itu sangat mengejutkan Mitra Capil Lingga yang berkumlah 237 orang itu. "Saya tak tahu siapa yang membentuk Mitra Catpil," ungkap salah seorang pendemo menirukan ucapan Idrus dalam pertemuan dengan Mitra Catpil.

"Kami direkrut sejak tahun 2007 lalu oleh bapak Abu Hasim selaku Kepala Disdukcapil waktu itu (saat ini menjabat Wakil Bupati Lingga). Selama ini kami tidak ada masalah, namun sekarang keberadaan kami malah dipertanyakan dan dibentuk tanpa payung hukum," ungkap pendemo.

"Saat itu, Idrus juga mengatakan tak membayar insentif kami karena APBD Lingga sedang mengalami divisit," tambahnya.

Sementara itu, Edwar, Ketua RW 05 Kelurahan Dabo, mengaku keberadaan Mitra Capil sangat membantu dalam menyelesaikan tugas-tugasnya, khususnya dalam pendataan kependudukan

"Kita juga kesal mendengar pernyataan kepala dinas yang tidak sedikitpun memberikan kesempatan untuk kami bertanya, mengenai solusi terbaik tindak lanjut pembayaran insetif triwulan ke-4 ini," ungkap Edwar, Selasa (18/12/2012).

Sekretaris Disdukcapil Lingga, Ajis, yang dikonfirmasi batamtoday terkait masalah yang dihadapi Mitra Catpil ini, juga membenarkan tidak adanya pembayaran dana insentif untuk triwulan ke-4 bagi 237 Mitra Catpil Lingga.

"Lingga mengalami defisit anggaran, dengan demikian terpaksa harus ada korban. Tidak hanya Mitra Capil  saja yang tidak dibayar, RT dan RW pun ikut terimbas," terangnya kepada batamtoday.