Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ulang Tahun Batam ke-183

Hujan Gagalkan Rencana Ziarah ke Makam Zuriat Nong Isa
Oleh : ali/dd
Selasa | 18-12-2012 | 15:46 WIB

BATAM, batamtoday - Rencana ziarah ke makam zuriat (keturunan) Nong Isa yang akan dilakukan bertepatan dengan peringatan ulang tahun Kota Batam ke-183 gagal dilakukan karena cuaca kurang mendukung.


Namun demikian, di masjid bersejarah At-Taqwa, Nongsa, Wali Kota Batam Ahmad Dahlan, Wakil Wali Kota Batam Rudi, para SKPD Kota Batam beserta para wakil zuriat Nongsa Kerajaan Riau Lingga di Kota Batam yang diketuai oleh Raja Abdul Gani bin Raja Mualim menggelar pembacaan Yassin dan Tahlil mendoakan arwah keturunan Nong Isa.

Ahmad Dahlan menyampaikan, untuk menyambut hari jadi Kota Batam yang ke-183 tahun, telah dilakukan Rapat Paripurna Istimewa di Gedung DPRD Batam sekaligus mengesahkan penggunaaan anggaran dalam rangka menyambut ulang tahun tersebut sebesar Rp 92 juta.

"Selain rapat paripurna, rencananya juga diadakan ziarah ke makam zuriat Nong Isa serta pemberian anugrah kepada 10 toioh masayarakat yang berjasa membangun Batam yang akan berlangsung nanti malam," ujarnya.

Dikatakan Dahlan, meskipun setiap tahun dilakukan ziarah ke makam zuriat Nong Isa, namun sampai dengan saat ini belum diketahui dimana letak makam Nong Isa yang sesuangguhnya. Tidak ingin mendahului sejarah yang hingga saat ini belum mengetahui makan Nongsa Isa, tambahnya, namun demikian diduga kuat wilayah Nongsa Pantai merupakan tapak pemerintahan pertama di Batam.

"Karena hingga saat kita juga masih mencari dimana letak keberadaan makam Nong Isa yang sesungguhnya," ujarnnya.

Mengenai malam anugerah yang akan memberikan penghargaan kepada 10 orang tokoh diantara 35 tokoh yang ikut serta berjasa membangun Batam.