Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

LKBN ANTARA Kepri Gelar Penanaman Pohon di Pulau Terluar NKRI
Oleh : dd
Kamis | 13-12-2012 | 16:06 WIB

BATAM, batamtoday - Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) ANTARA melakukan penanaman pohon di Pulau Putri, Kecamatan Nongsa, Kota Batam yang merupakan tapal batas terluar Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dengan Malaysia dan Singapura.

Penanaman pohon di Pulau Putri tersebut dilakukan bertepatan dengan peringatan ke-75, LKBN ANTARA.

"Kondisi Pulau Putri sudah sangat kritis. Luasnya terus berkurang dari sekitar enam kali ukuran lapangan sepak bola sekarang tidak lebih satu kali ukuran lapangan bola. Jadi harus dihijaukan agar tidak habis dimakan abrasi," kata Kepala Perum LKBN ANTARA Biro Kepri, Evy Ratnawati Samsir dalam rilisnya, Kamis (13/12/2012).

Evy mengatakan pohon yang ditanam antara lain mangrove, pinus laut dan kelapa. Selain melakukan penanaman pohon, gotong royong membersihkan sampah dan minyak yang terbawa arus laut, juga dilakukan di pulau itu.

Menurutnya, Pulau Putri sebagai penentu batas teritorial Indonesia harus dilestarikan, salah satu caranya dengan menanam pohon.
   
"Makanya, kami coba untuk merehabilitasi pulau itu dengan melakukan penanaman dan bersih-bersih pantai. Kami harap upaya ini akan mengguggah pihak lain untuk peduli dan ikut menyelamatkan Pulau Putri," kata dia.

Evy mengatakan, LKBN ANTARA akan terus melakukan pemeliharaan pada berbagai tanaman yang ditaman hingga dipastikan tanaman itu mampu menghadapi gelombang.

"Bila ada yang mati kami akan menggantinya dengan yang baru," kata Evy.