Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Obat Depresi Bukan Cuma Pil
Oleh : dd/mdk
Sabtu | 08-12-2012 | 11:20 WIB

BATAM, batamtoday - Berkonsultasi dengan ahli terapi bisa membantu jika penderita depresi sudah tidak mampu mengontrol kondisinya dengan obat-obatan. Hal itu disampaikan oleh peneliti dari Inggris.

Seperti yang dilansir dari My Health News Daily, peneliti tepatnya menegaskan kalau keefektifan berkonsultasi sebaiknya dicoba dan tidak disepelekan oleh penderita depresi.

"Sampai sekarang, hanya ada sedikit bukti kalau penderita depresi bisa membaik dengan bantuan ahli terapi daripada hanya mengandalkan pil antidepresan saja," terang peneliti Nicola Wiles dari University of Bristol.

Penelitian tersebut melibatkan pasien depresi yang kondisinya diamati selama satu tahun. Berikutnya, peneliti berencana untuk mengobservasi lebih lanjut tentang kombinasi metode pengobatan dalam jangka waktu lama, terutama bagi pasien yang berisiko kambuh setelah dinyatakan sembuh.

Sebanyak 470 penderita depresi yang tidak juga membaik kondisinya meskipun sudah mengonsumsi pil antidepresan dilibatkan dalam penelitian ini. Setengah dari mereka kemudian menjalani terapi dengan cara berkonsultasi pada ahlinya, sementara yang lain dibiarkan mengonsumsi pil antidepresan.

Setelah enam bulan, sekitar 46 persen penderita depresi yang menjalani terapi dengan berkonsultasi pada ahlinya mengalami penurunan kondisi depresi sebesar 50 persen. Sementara penderita yang mengonsumsi pil antidepresan dan membaik hanya berjumlah 22 persen.

Sayangnya, berkonsultasi dengan ahli terapi sering dianggap sebagai metode pengobatan depresi yang sulit dilakukan. Selain mahal, asuransi kesehatan kebanyakan juga tidak mendukung biaya konsultasi.

Jika Anda juga merasa tengah depresi, jangan cuma mengandalkan pil antidepresan. Anda bisa mencoba untuk mengobrol dengan keluarga atau orang tua yang siapa tahu mampu membantu Anda meringankan beban depresi yang Anda rasakan.