Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pemko Batam Wacanakan Sampah Dijadikan Energi Listrik
Oleh : ron/dd
Kamis | 06-12-2012 | 12:02 WIB

BATAM, batamtoday - Pengelolaan sampah di Batam akan bekerja sama dengan pihak swasta. Sampah di TPS Punggur diwacanakan akan diolah menjadi teknologi waste energy (WtE) atau mendaur ulang sampah menjadi energi listrik.

Dijelaskan Suleman Nababan, Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Batam bahwa alternatif pengelolaan sampah paling memungkinkan yakni menjadi energi listrik.

"Dengan alternatif itu salah satu keuntungannya, umur TPA bisa mencapai 32 tahun jika dibandingkan dengan kondisi sekarang, dengan pengelolaan landfill hanya bisa bertahan  6 hingga 9 tahun kedepan," terang Suleman.

Saat ini, kata Suleman, Pemko Batam sedang melakukan kajian yang dibantu Bapennas. Untuk selanjutnya akan dilelang antara bulan Maret hingga Juni tahun 2013. Sehingga pada tahun 2014 mendatang sampah sudah dikerjakan oleh swasta.

"Yang jelas pengelolaan sampah oleh swasta dalam pengerjaannya nanti mengacu pada UU No 18 Th 2008 tentang Pengelolaan Sampah," tegas Suleman.

Ketika disinggung masalah status lahan TPS Punggur seluas 47 hektar yang hingga saat ini belum diserahkan oleh BP Kawasan ke Pemko Batam, Suleman mengatakan pada prinsipnya BP Kawasan siap menyerahkan lahan tersebut ke Pemko Batam dan sekarang dalam  proses peralihan.

"Semua melalui proseslah, antara BP Batam dan Pemko sudah komit. Telaga Punggur, akan diserahkan ke Pemko," ujar Suleman tanpa memastikan kapan penyerahan TPA Punggur tersebut.