Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Uang Palsu Pecahan Rp 50 Ribu Marak Beredar di Tanjungpinang
Oleh : chr/dd
Rabu | 05-12-2012 | 16:14 WIB

TANJUNGPINANG, batamtoday - Uang palsu pecahan Rp 50 ribu saat ini diduga telah beredar luas di Tanjungpinang. Hal itu ditandai dengan ditemukannyauang palsu di Bandara Raja Haji Fisabilillah (RHF) Tanjungpinang dan SPBU Km 11 Tanjungpinang dalam sepekan terakhir.

Budi, salah seorang petugas Bandara RHF di bagian pemungutan Airport Tax mengatakan, uang palsu Rp 50 ribu itu ditemukan ketika dirinya menghitung hasil pungutan dari sejumlah penumpang pesawat Sriwijaya Air tujuan Jakarta, Rabu (5/12/2012).

"Saya ketahui dan saya duga palsu saat menghitung uang penerimaan Airport Tax yang diterima dari penumpang. Warna dan bentuknya lain, tetapi hanya satu lembar," kata Budi pada sejumlah petugas di Bandara.

Curiga dengan hal itu, akhirnya Budi bersama petugas lainnya, langsung mencelupkan uang palsu itu ke dalam air. Benar saja, warna dan corak uang tersebut luntur setelah dicelupkan.

Sementara itu, Kepala Operasional Bandara RHF, Hudi yang dikonfirmasi wartawan, mengaku belum mengetahui kejadian tersebut.

Selain di Bandara RHF Tanjungpinang, penemuan uang palsu pecahan Rp 50 ribu juga terjadi di SPBU Km 10. Salah seorang petugas SPBU berinisial Ir mengaku juga pernah menerima uang palsu bergambar Pahlawan Nasional, I Gusti Ngurah Rai itu.

Sementara itu, Plh. Kapolsek Tanjungpinang Timur, AKP Wawan Saifulloh yang dikonfirmasi dengan temuan serta informasi peredaran uang palsu ini, hingga berita ini diunggah belum memberikan jawaban.