Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

1 Juta Pohon Ditanam di Batam
Oleh : ali/dd
Sabtu | 01-12-2012 | 18:37 WIB

BATAM, batamtoday - Pemerintah Kota Batam bersama muspida menggelar penanaman 1 juta pohon yang dimulai pada 1 Desember 2012 ini.


Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan membuka kegiatan penanaman pohon yang bertempat di depan PT Pertamina (Persero) Depot Pengisian Pesawat Udara Hang Nadim Unit Pemasaran I. 

Kurang lebih 1. 000 bibit pohon telah dipersiapkan oleh Dinas Kebersihan dan Pertamanan yang akan ditanami di sepanjang tepi jalan dari arah Bandara hingga menuju wilayah Kabil.

Di sela-sela penanaman bibit pohon cinta (Oriana-red), Dahlan memantau bibit pohon lain yang ditanam oleh beberapa perwakilan yang masih sibuk mencangkul.

Usai melaksanakan kegiatan tersebut, Dahlan mengatakan,  kegiatan penanaman pohon sudah lama berlangsung, bahkan sejak dirinya masih bertugas di Otorita Batam (OB).

Kegiatan penanaman bibit pohon sangat penting mengingat kondisi serta pertumbuhan kota Batam yang merupakan kota industri diimbangi dengan penghijauan.

"Kota Batam akan mengacu kepada  tata ruang tingkat nasional, mencangkup 32% nya merupakan daerah hijau," katanya.

Kedepannya, katannya, selain wilayah pinggir jalan negara  juga akan ditanam di pinggir jalan Provinsi dan Kota yang ada di Batam. Bahkan, rencana penanaman ini meueurtnya akan berlanjut di kawasan indutri.

"Tidak hanya itu, kedepan juga di kawasan-kawasan yang dibuka untuk pembangunan industri. Maka dari itu, silahkan swasta untuk berpartisipasi. Minimal dengan program Corporate Sosial Responsibility (CSR) yang dimiliki, juga dapat berpartisipasi untuk menghijaukan kota Batam ini," terangnya sembari mengatakan akan menyiapkan anggaran untuk perawatan pohon tersebut.

Dahlan berharap, dengan adanya kegiatan ini dapat menambah ruang terbuka hijau sebagai paru-paru kota. Sehingga masyarakat dapat memenuhi ruang hijau yang terbuka.

"Kita berharap, agar dengan adanya kegiatan ini, kebutuhan masyarakat akan ruang terbuka hijau di wilayah Batam akan semakin terpenuhi," tuturnya.