Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Penularan Terbanyak Melalui Seks Bebas

Tiap Bulan Ada 20-40 Kasus HIV AIDS di Batam
Oleh : ron/dd
Sabtu | 01-12-2012 | 15:28 WIB

BATAM, batamtoday - Pieter P. Purekrolong, Kepala Sekretariat Komisi Penanggulangan Acquired Immune Deficiency Syndrome (AIDS) Kota Batam mengatakan jumlah penderita AIDS di Kota Batam terus bertambah. Setiap bulan ada 20-40 yang terinfeksi HIV.

Dijelaskan Pieter, untuk tahun 2012 hingga bulan Oktober lalu, jumlah warga Batam yang tertular HIV sebanyak 423 jiwa, sedangkan yang positif AIDS sebanyak 254 dan meninggal dunia sebanyak 54 orang.
Meningkat dari tahun sebelumnya, dimana penderita HIV sebanyak 397 orang, AIDS sebanyak 151 orang dan yang meninggal dunia sebanyak 59 orang.

"Setiap bulan ada rata-rata 20-40 orang yang terjangkit," kata Pieter, Sabtu (1/12/2012).

Di untuk peringatan hari AIDS tahun ini mengangkat tema "Semangat Perempuan dan Anak" sehingga banyak diadakan program peningkatan kualitas perempuan anak dengan memberikan pembelajaran tentang AIDS dan pencegahannya.

"Dilakukan penyuluhan secara berjenjang agar secara keseluruhan masyarakat bisa tahu, terutama kepada pelajar agar tahu cara pencegahannya," ungkapnya.

Pada kesempatan tersebut, dia juga menjelaskan cara penularan HIV AIDS yakni melalui hubungan seks tanpa perlindungan dengan orang yang sudah terinfeksi. Melalui darah yang sudah terinfeksi, melalui jarum suntik yang tidak steril dan melalui ibu hamil pada bayi yang dikandungnya.

"Paling rentan terjangkit itu orang yang suka berhubungan seks sembarangan tanpa pengaman," ujarnya.

Sedangkan cara untuk melindungi diri terhadap AIDS yakni hindari seks bebas, bersikap setia kepada satu pasangan dan selalu menggunakan kondom secara benar.

"Kita harus melindungi diri karena hingga sekarang belum ada obatnya. Kita ingin semua masyarakat tahu cara pencegahannya demi kebaikan kita sendiri serta orang-orang yang kita sayangi," kata Pieter.