Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Operasi Zebra Serentak Digelar Mulai Hari Ini
Oleh : ali/dd
Rabu | 28-11-2012 | 17:42 WIB

BATAM, batamtoday - Terhitung hari ini, Rabu (28/11/2012) hingga Selasa (11/12/2012) mendatang Direktorat Lalulintas (Dirlantas) Polda Kepri menggelar Operasi Zebra Seligi 2012.


Dirlantas Polda Kepri Kombes Pol. Rusdi Hartono melalui Kabag Binopsnal Polda Kepri Kompol Andri menyampaikan salah satu operasi yang digelar adalah  penertiban kendaraan yang mempergunakan plat putih. Dan operasi zebra yang di gelar serentak dengan di seluruh tanah air.

"Operasi Zebra Seligi 2012 ini diselenggarakan secara serempak di seluruh Indonesia dan juga khususnya Kepri," terangnya.

Dia menambahkan, hal ini di gelar guna menciptakan tertip berlalulintas dimasarakat. Dan pihaknya menghibau kepada masarakat, yang belum memiliki dokumen lengkap dalam berkendara untuk segera melengkapi seluruhnya. Dan juga masarakat agar selalu mematuhi rambu-rambu lalulintas dalam berkendara.

"Termasuk juga mobil-mobil yang mempergunakan plat putih oleh masarakat. Intinya semua yang melanggar UU No 22 Tahun 2009 tentang lalulintas dan angkutan jalan akan ditertibkan," jelasnya.

Tambahnya, karena untuk penggunaan plat nomor kendaraan berwarna putih tersebut hanya diperuntukan bagi dealer saja buka untuk dipakai perorangan secara pribadi.

"Plat putih itu digunakan dealer untuk mengantar kendaraan ke konsumen. Bukan untuk digunakan konsumen dalam keseharian atau pribadi," tegasnya.

Andri mejelaskan, perlu ada edukasi terhadap penggunaan dan fungsi dari plat putih tersebut kepada masarakat. Karena apa bila terjadi kecelakaan tidak mendapatkan tanggungan dari Jasa Raharja.

Sebabnya, jika terjadi kecelakaan terhadap penggunaan kendaraan plat putih dijalanan tidak akan mendapatkan tanggungan karena bukan untuk dipakai secara pribadi.

Untuk pelayanan perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) pihak kepolisian telah mengoperasikan satu unit mobil SIM keliling. Guna mempermudah masyarakat untuk melakukan perpanjangan SIM.