Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Polres Bintan Mulai Gelar Operasi Zebra
Oleh : hrj/dd
Rabu | 28-11-2012 | 15:37 WIB
zebra-bintan.gif Honda-Batam
Upacara digelar sebagai tanda dimulainya Operasi Zebra di wilayaj hukum Polres Bintan.

TANJUNGUBAN, batamtoday - Polres Bintan menggelar Operasi Zebra,  mulai tanggal 28 November sampai dengan 11 Desember 2012, yang ditandai dengan upacara di Mapolres Bintan, Rabu (28/11/2012) pagi.


AKP Sarbini, Kasat Lantas Polres Bintan mengatakan Operasi Zebra merupakan operasi cipta kondisi sebelum dilakukan Operasi Lilin dalam menyambut Natal dan Tahun Baru 2013.

Dikatakan, dalam  operasi zebra dilapangan kepolisian mengedepankan 40 persen preentiv dan 40 persen preventif dan 20 persen penegakan hukum.

Preentiv dimaksudkan  melakukan sosialisasi dan penyuluhan lalu lintas ke masyarakat, melaksanakan program Go To School dengan menjadi pembina upacara serta memberikan penyuluhan kepada kelompok misalnya kelompok pengojek.

Sementara, tindakan preventife yang dilakukan seperti melakukan peningkatan penjagaan, pengaturan dan pengawalan arus lalu lintas.

Untuk  penindakan tegas diberlakukan pada pelanggaran yang dapat menimbulkan potensi kecelakaan misalnya tidak mengenakan helm atau alat keselamatan yang sesuai standard nasional dan membawa muatan lebih.

Sarbini mengimbau agar masyarakat tetap menggunakan alat keselamatan yang berstandar nasional, misalnya helm dan sabuk pengaman.