Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

KPK dan UNDP Gelar Konferensi Internasional Antikorupsi
Oleh : si
Senin | 26-11-2012 | 11:51 WIB
Abraham_Samad.jpg Honda-Batam

PKP Developer


Ketua KPK Abraham Samad

JAKARTA, batamtoday - Sebanyak 40 lembaga antikorupsi di seluruh dunia menggelar konferensi internasional dalam rangka memperingati Hari Anti Korupsi Internasional.


Konferensi yang difasilitasi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) itu, bakal diikuiti 100 peserta yang akan digelar [ada 26-27 November 2012 di Hotel JW Marriot, Jakarta dengan tema 'Principles for Anti Corruption Agencies'.

Konferensi dibuka oleh Ketua KPK Abraham Samad. Dengan pembicara di antaranya yakni Ketua DPR RI Marzuki Alie sebagai keynote speaker dan pihak dari United Nation Development Program (UNDP) sebagai United Nations Office on Drugs and Crime (UNODC) Corruption and Economic Crime Branch, Vienna Ms Candice Welsch.

Abraham Samad dalam pembukaannya, mengatakan ide dari konferensi ini digagas oleh KPK dan UNDP. Konferensi ini dilakukan untuk bersama-sama mengumpulkan para pimpinan dan tokoh antikorupsi untuk sama-sama berkumpul, menggalang, mendiskusikan upaya pemberantasan korupsi.

Abraham mengatakan salah satu isu utama yang digagas yakni independensi, eksistensi lembaga-lembaga antikorupsi di dunia.

"Negara di berbagai belahan dunia dipanggil untuk lebih serius memerangi pencegahan korupsi. Korupsi merupakan pelanggaran hukum, oleh karena itu butuh penegakan hukum dan instrumen hukum," kata Abraham Samad di Jakarta, Senin (26/11/2012).

Selanjutnya, pidato pembukaan dilakukan oleh Ms. Candice Welsch. Candice mengatakan dalam waktu dua dekade belakangan ini, sekitar 130 lembaga antikorupsi di dunia (Anti-Corruption Agencies - ACAs) telah didirikan.

"ACAs telah berhasil berkontribusi pengendalian korupsi di beberapa negara. Dalam konferensi ini juga akan digalang dan didiskusikan bagaimana upaya memberantas korupsi," kata Ketua KPK.