Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Polisi Harus Menjadi Contoh Berlalu Lintas yang Baik
Oleh : arj/dd
Sabtu | 24-11-2012 | 11:50 WIB
polisi-tak-baik-1.jpg Honda-Batam
Inilah contoh buruk berkendaraan. Adegan ini jangan ditiru, karena dilakukan orang yang tak profesional.

TANJUNGUBAN, batamtoday – Agar menjadi taulanan yang baik, dan memberi contoh yang benar bagi masyarakat, personil kepolisian harus mengedepankan perilaku tertib berlalu lintas yang benar di jalan raya.


Seiring dengan makin meningkatnya angka kecelakaan di jalan raya, hendaknya menjadi tanggung semua pihak untuk meningkatkan kesadaran tertib berlalu lintas, demi keselamatan bersama. Pengemudi roda empat harus menggunakan sabuk keselamatan dan pengendara roda dua harus mengenakan helm, sehingga selamat sampai tujuan 

"Demi keselamatan bersama, hendaknya ikuti aturan saat berkendara, karena ini diatur dalam undang-undang," kata AKP Sarbini, Kasatlantas Polres Bintan, saat memimpin Apel di Mapolres Bintan, kemarin.

Selain itu, penggunaan handphone saat berkendara, dia juga menekankan agar anggota kepolisian tidak melakukannya. Karena itu akan menjadi contoh yang baik kepada pengguna jalan lainnya.

"Kalau ada, konsekuensinya ditindak. Saya mohon disampaikan ke keluarga dan tetangga. Kemarin sudah kita sampaikan ke masyarakat di Gunung Kijang," ujarnya.

Sarbini juga menekankan pentingnya menyalakan lampu kendaraan di siang hari, terutama kendaraan roda dua, karena akan lebih meningkatkan kewaspadaan bagi pengendara lainnya. Dari tiga kecelakaan yang terjadi di Trikora, Sarbini mencontohkan, karena kurangnya kesadaran berlalu lintas. Pengendara tidak berhati-hati dan tidak menggunakan helm.

Terakhir, ia menyebutkan, untuk Indonesia saat ini, setiap 30 menit ada tiga atau empat korban meninggal dunia akibat laka lantas. "Maka itu, perlu ditingkatkan sosialisasi, diantaranya dalam waktu dekat akan diadakan operasi cipta kondisi yang dilanjutkan dengan operasi lilin," tutupnya.